Langsung ke konten utama

HIKMAH PEMBELAJARAN (Lesson Learnt) tsunami in Japan from Chili e.q. 1960--- Ditulis oleh : Prada Sam

Prada sam

Keterangan gambar:
>> Pada gempa di Chili tahun 1960, terjadi gelombang tsunami sampai ke perimeter pantai di Jepang.
Bagi Jepang, tsunami jenis ini disebut "Ocean Tsunami" , karena "jauh" dari negeri Sakura. Bila epizentrum (pusat gempat) "d...ekat" dengan patahan sendiri, maka disebut "Local Tsunami".

 >> Garis2 Merah adalah "Subduction Zone" (Zona Patahan pada pelat). Pada gambar di atas, patahan di Pelat Nazca (hampir sepanjang pantai Barat Amerika Selatan. Epizentrum terjadi pada titik di dalam kotak hitam (Details nya engga gua jela...skan, terlalu teknis, dari P25Heavy, sistem Pemantauan Gempa Tektonik dan Vulkanik serta Potensi Tsunami yang dimiliki oleh the Indonesian Volunteers, juru kunci (kuncen) nya adalah Bravo Zulu, dalam satuan menit, 300an anggota the Indonesian Volunteers terhubung melalui TirGIS (komunikasi dan citra Bumi via satelite).
 ‎>> Garis2 lengkung berwarna putih adalah gelombang tsunami yang melintasi samudra Pasifik, dalam waktu 14jam mendekati Kep.Hawaii, dan dalam waktu 22 jam, masuk wilayah teritorial pantai Jepang.
Gambar selanjutnya adalah Antisipasi Jepang atas kedatangan gelombang "Ocean Tsunami" di Jepang tahun 1960...YA BENAR....tahun seribu sembilanratus enampuluh !!! (Dan Jepang sudah memiliki pengalaman serta persiapan/siaga bencana) sejak jaman kuda gigit besi.

  Prada Sam


Gambar sebelumnya diketahui pada 22 jam sesudah gempa di Chili tahun 1960, gelombang tiba di pantai Jepang.
Keterangan gambar:
Pada tengah hari, tinggi gelombang kurang lebih 1,5-2 meter, jam 6 sore turun, lalu naik lagi pada tengah malam.
Jelang pukul 5pagi, gelombang tinggi teramati oleh Petugas PMK.
Kisaran 5.30pagi, gelombang makin tinggi (ini dikarenakan kekuatan gelombang menabrak pantai dangkal) hingga mencapai 5meter (15feet).


 (Dikutip dari  : Prada Sam Facebook share)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKILAS TENTANG PISTOL SIG SAUER P-226

Sig Sauer P-226 adalah salah satu varian senjata api jenis Pistol buatan Sig Sauer yang diproduksi oleh Swiss dan Jerman. Senjata ini merupakan salah satu senjata api genggam favorit special force di seluruh dunia. 

Mengenal SENAPAN ANGIN...(Air Riffle) ----Ditulis Oleh Johan Sastro

SENAPAN ANGIN (AIR RIFFLE) adalah senapan yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan proyektil dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan angin biasanya digunakan untuk olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung dan tupai, ukuran peluru yang dipakai biasanya juga tidak terlalu besar yaitu ukuran kaliber .177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah, meskipun begitu senapan ini bisa membunuh manusia kalau prosedur pemakaiannya keliru atau disalahgunakan.

Syarat dan Ketentuan Pengurusan Izin Kepemilikan Senjata Api

Banyak dari kita yang belum tahu persyaratan untuk mengurus surat untuk senjata api, sebelum anda berpikir untuk membeli senjata api ada baiknya anda membaca hal berikut ini dulu jadi apakah anda sudah pantas untuk memiliki senjata api. Karena untuk memperoleh senjata api tidak semudah yang anda kira, tapi kalau anda merasa sudah bisa memenuhi persyaratan yang di bawah silahkan mengajukan diri ke POLDA setempat untuk mengurus surat perijinan. Berikut syarat dan ketentuan untuk mengajukan diri :