Langsung ke konten utama

Mengenal Pencipta Senapan Legendaris M.1 Garand

John Cantius Garand (1888-1974)

John Cantius Garand, adalah pria peranakan Perancis-Kanada yang lahir pada tahun 1888, tepatnya di St. Remi, Quebec, Kanada. Kemudian ia dan keluarganya pindah ke Connecticut, saat ia baru  berusia 10 tahun. Dua tahun kemudian ia berkerja di Industri tektil. Disinilah John Garand mulai menunjukan talentanya
sebagai seorang designer di Perusahaan tektstil J.C Garand, hal ini ia buktikan dengan berhasil mematenkan dua peralatan temuannya. Sementara itu, kemampuannya ini segera dilirik oleh Brown & Sharpe, sebuah perusahaan pembuat peralatan yang bermarkas di Rhode Island.

John Garand mulai berkiprah di dunia militer, khususnya persenjataan dimulai ketika ia pertama kalinya mendapat order dari US War Departement (Departemen Perang AS) untuk menciptakan senapan mesin ringan bagi keperluan AL AS pada tahun 1917.
Kiprah ini pula yang mengantarkannya menjadi anggota Biro Standar AS (US Bureau of Standards), dan dua tahun kemudian tepatnya pada usianya 30 tahun, Springfield Armory sebuah perusahaan Senjata terkenal di Amerika menawarkannya menjadi Konsultan Ahli di perusahan tersebut. Pada posisi ini pulalah ia mendapat kesempatan menjadi warga negara Amerika Serikat. 

 John Garand saat menerangkan fitur-fitur yang ada pada senapan buatannya pada salah seorang perwira senior AD AS, Mayjend. Charles M. Wesson (pada tahun 1944)

Nama J.C Garand mulai masuk dalam daftar pembuat senjata legendaris dunia ketika ia menyodorkan senapan hasil rancangannya pada tahun 1924. Rancangannya berupa senapan semi otomatis yang kemudian hari sangat terkenal dengan nama M1 Garand dan dipatenkan pada tahun 1934. Sekitar 6 juta pucuk senapan pernah di produksi sebelum akhirnya Amerika Serikat memensiunkan senjata ini dari garis depan pada tahun 1957.

J.C Garand pensiun dari tugasnya sebagai konsultan pada tahun 1953 dan tutup usia di Springfield, Massachusetts, di usia 86 tahun pada 16 Februari 1974. Ternyata, masuk dalam jajaran inventor legendaris tidaklah membuat  hidupnya J. C Garand  bergelimang harta. Pendapatan yang diterimanya pertahun hanya berkisar 12.000 dolar, atau sama dengan gaji rata-rata pertahun Pegawai Negeri AS pada saat itu. Pemerintah AS pernah berupaya memberi J.C garand dengan hadiah uang sebesar 100.000 dolar, namun tak pernah kesampaian lantaran terganjal persetujuan dari kongres. Akhirnya, sebagai tanda terima kasih, Washington menganugerahinya dengan penghargaan Award for Meritorious Service dan bintang jasa Medal for Merit dan namanya pun kini diabadikan pada salah satu ruang pertemuan (Garand memorial Conference) di gedung Pentagon sejak Juni 1980.


Sumber tulisan dan gambar :

Majalah Angkasa Edisi Koleksi "KISAH HEBAT AK-47 & LIMA SENAPAN LEGENDARIS"

link :

http://en.wikipedia.org/wiki/John_Garand

http://inventors.about.com/library/inventors/blgarand.htm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKILAS TENTANG PISTOL SIG SAUER P-226

Sig Sauer P-226 adalah salah satu varian senjata api jenis Pistol buatan Sig Sauer yang diproduksi oleh Swiss dan Jerman. Senjata ini merupakan salah satu senjata api genggam favorit special force di seluruh dunia. 

Mengenal SENAPAN ANGIN...(Air Riffle) ----Ditulis Oleh Johan Sastro

SENAPAN ANGIN (AIR RIFFLE) adalah senapan yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan proyektil dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan angin biasanya digunakan untuk olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung dan tupai, ukuran peluru yang dipakai biasanya juga tidak terlalu besar yaitu ukuran kaliber .177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah, meskipun begitu senapan ini bisa membunuh manusia kalau prosedur pemakaiannya keliru atau disalahgunakan.

Syarat dan Ketentuan Pengurusan Izin Kepemilikan Senjata Api

Banyak dari kita yang belum tahu persyaratan untuk mengurus surat untuk senjata api, sebelum anda berpikir untuk membeli senjata api ada baiknya anda membaca hal berikut ini dulu jadi apakah anda sudah pantas untuk memiliki senjata api. Karena untuk memperoleh senjata api tidak semudah yang anda kira, tapi kalau anda merasa sudah bisa memenuhi persyaratan yang di bawah silahkan mengajukan diri ke POLDA setempat untuk mengurus surat perijinan. Berikut syarat dan ketentuan untuk mengajukan diri :