Langsung ke konten utama

Mengejar..... AYAM.... TANGKAP !!!


 Hem....mendengar namanya langsung khayalan anda terbang dalam sensasi renyah dan nikmat hidangan ini Alias "Maknyus" seperti ucapan Pak Bondan. Tapi ternyata, membuat masakan ini tak segampang seperti menyajikan masakan ayam goreng lainnya loh....Apalagi kalau ayamnya dikejar-kejar dulu dan ngga berhasil ditangkap...sementara, akan lebih repot lagi bila harus melibatkan se-PASUKAN KHUSUS dalam upaya penangkapannya...jamin 100% jadi makin repot masaknya....hehehehehe.

 Baiklah berikut bahan dan cara pembuatannya :

Bahan:
1 ekor ayam (sebaiknya ayam kampung)
1 liter minyak goreng
8 tangkai daun salam koja (temurui)
4 lembar daun pandan, iris kasar
1 cangkir air matang
2 buah cabai hijau

Bumbu:
3 siung bawang putih (3 siung dirajang, 3 siung dihaluskan)
3 buah bawang merah
5 buah cabe rawit
1 ruas ibu jari (2 cm) kunyit
1 ruas ibu jari (2 cm) jahe
1 sdt garam
air asam jawa, secukupnya

Cara membuat:


  • Potong ayam menjadi 24-30 potongan kecil, kemudian cuci bersih. Bila perlu, remas-remasdengan air perasan jeruk nipis.
  • Haluskan semua bumbu, campur dengan 200 ml air matang.
  • Masukkan potongan ayam ke dalam bumbu, dan rendam selama 10 menit.
  • Panaskan minyak di wajan besar sampai benar-benar mendidih. Goreng ayam sampai kecokelatan.
  • Semua ayam harus tenggelam dalam minyak dan jangan sampai terlalu berhimpitan satu sama lain. Untuk hasil terbaik, gunakan wajan yang besar, dengan 2 liter minyak goreng. Atau, jangan menggoreng sekaligus, melainkan sedikit demi sedikit. (Ingat: keberhasilan masakan sederhana ini sangat bergantungpada teknik menggoreng).
  • Menjelang ayam matang, masukkan irisan bawang merah, daun salam koja, daun pandan, dan cabe hijau. Teruskan menggoreng sekitar tiga menit lagi.
  • Angkat, tiriskan, dan segera hidangkan dalam keadaan panas.
Nah, bagi anda yang sudah merasakan kerepotan memasaknya...dan tidak mau repot namun tetap ingin merasakan kerenyahan yang super nikmat dari "AYAM TANGKAP", silahkan langsung aja meluncur ke :
RM Aceh Rayeuk
Jl. Banda Aceh-Medan km 3,5
Lueng Bata, Banda Aceh
0651 7409122



Sumber :
detikFood 
http://images.detik.com/content/2011/03/14/908/kpitangkapcvr.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKILAS TENTANG PISTOL SIG SAUER P-226

Sig Sauer P-226 adalah salah satu varian senjata api jenis Pistol buatan Sig Sauer yang diproduksi oleh Swiss dan Jerman. Senjata ini merupakan salah satu senjata api genggam favorit special force di seluruh dunia. 

Perawan Tak Selalu Keluar Darah di Malam Pertama

Banyak orang yang mengartikan jika tanda-tanda masih perawan ialah keluarnya darah di malam pertama saat suami istri berhubungan badan.

M1 GARAND (Senapan Tempur Legendaris Dunia)

Marinir Amrik dan senapan M1 Garand di Medan Pasifik pada Perang Dunia II Senapan ini berjuluk M1 Garand Rifle atau dikenal juga sebagai Caliber .30 M1. Sudah sepantasnya jika senjata ini dimasukkan dalam kategori senapan legendaris. Masa bakti M1 Garand merentang dari PD II, Perang Korea, hingga Perang Vietnam. Saat PD II, Garand dipakai baik di Medan Perang Eropa maupun Pasifik.