Langsung ke konten utama

Pola Asuh Modern Buat Anak Egois ?


Lingkungan modern mengubah pola pengasuhan bayi dan anak masa kini berbeda dari generasi lebih lampau. Pengasuhan yang tidak banyak melibatkan sentuhan kasih sayang dan mengurangi kebebasan anak cenderung membentuk generasi disfungsional secara emosi.
Profesor Darcia Narvaez di Universitas Notre Dame di Indiana menuturkan, praktik-praktik modern membiarkan bayi menangis terlalu lama, menyimpan mereka di kereta dorong dan lebih sedikit berada di luar ruangan. Akibatny,a bayi lebih sedikit belajar dan memiliki emosi tidak seimbang.

Seperti dikutip dari Daily Mail, di generasi lampau, orangtua sering mendekap dan mengajak anak bermain di luar rumah. Anak juga mendapat asupan ASI hingga berumur beberapa tahun. "Orangtua modern kini lebih banyak mengandalkan pengasuhan anak pada keluarga besar dan orang lain. Sedangkan orang tua dahulu lebih banyak mengurus anak sendiri," katanya.

Menurut Narvaesz, perlakuan yang hangat dan kebebasan membuat otak bayi lebih responsif pada tahun-tahun pertama pembentukan kepribadian mereka. "Tidak seperti anak generasi saat ini, anak-anak generasi lalu lebih banyak mendapat sentuhan langsung dari ibu dan orangtua inti. Ini membentuk ikatan yang lebih dekat dan emosi lebih stabil," tambahnya.

Studinya mengungkapkan, temuan yang bertentangan dengan penelitian sebelumnya. Misalnya, saat menangis anak dibiarkan sendiri hingga tangisnya mereda. Atau menghukum anak dengan cara mengisolasi anak 'nakal' di kamar mereka.

"Anak-anak yang tak mendapat pengasuhan emosional cenderung lebih egois dan tidak memiliki kecerdasan emosi seperti anak-anak yang dibesarkan dalam keluarga yang hangat. Sehingga, akan berdampak pada perkembangannya saat remaja dan dewasa."

Sumber : VIVAnews
Photo : Hadiansyah   Model : Alya dan Danish

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKILAS TENTANG PISTOL SIG SAUER P-226

Sig Sauer P-226 adalah salah satu varian senjata api jenis Pistol buatan Sig Sauer yang diproduksi oleh Swiss dan Jerman. Senjata ini merupakan salah satu senjata api genggam favorit special force di seluruh dunia. 

Perawan Tak Selalu Keluar Darah di Malam Pertama

Banyak orang yang mengartikan jika tanda-tanda masih perawan ialah keluarnya darah di malam pertama saat suami istri berhubungan badan.

M1 GARAND (Senapan Tempur Legendaris Dunia)

Marinir Amrik dan senapan M1 Garand di Medan Pasifik pada Perang Dunia II Senapan ini berjuluk M1 Garand Rifle atau dikenal juga sebagai Caliber .30 M1. Sudah sepantasnya jika senjata ini dimasukkan dalam kategori senapan legendaris. Masa bakti M1 Garand merentang dari PD II, Perang Korea, hingga Perang Vietnam. Saat PD II, Garand dipakai baik di Medan Perang Eropa maupun Pasifik.