Langsung ke konten utama

Pola Asuh Modern Buat Anak Egois ?


Lingkungan modern mengubah pola pengasuhan bayi dan anak masa kini berbeda dari generasi lebih lampau. Pengasuhan yang tidak banyak melibatkan sentuhan kasih sayang dan mengurangi kebebasan anak cenderung membentuk generasi disfungsional secara emosi.
Profesor Darcia Narvaez di Universitas Notre Dame di Indiana menuturkan, praktik-praktik modern membiarkan bayi menangis terlalu lama, menyimpan mereka di kereta dorong dan lebih sedikit berada di luar ruangan. Akibatny,a bayi lebih sedikit belajar dan memiliki emosi tidak seimbang.

Seperti dikutip dari Daily Mail, di generasi lampau, orangtua sering mendekap dan mengajak anak bermain di luar rumah. Anak juga mendapat asupan ASI hingga berumur beberapa tahun. "Orangtua modern kini lebih banyak mengandalkan pengasuhan anak pada keluarga besar dan orang lain. Sedangkan orang tua dahulu lebih banyak mengurus anak sendiri," katanya.

Menurut Narvaesz, perlakuan yang hangat dan kebebasan membuat otak bayi lebih responsif pada tahun-tahun pertama pembentukan kepribadian mereka. "Tidak seperti anak generasi saat ini, anak-anak generasi lalu lebih banyak mendapat sentuhan langsung dari ibu dan orangtua inti. Ini membentuk ikatan yang lebih dekat dan emosi lebih stabil," tambahnya.

Studinya mengungkapkan, temuan yang bertentangan dengan penelitian sebelumnya. Misalnya, saat menangis anak dibiarkan sendiri hingga tangisnya mereda. Atau menghukum anak dengan cara mengisolasi anak 'nakal' di kamar mereka.

"Anak-anak yang tak mendapat pengasuhan emosional cenderung lebih egois dan tidak memiliki kecerdasan emosi seperti anak-anak yang dibesarkan dalam keluarga yang hangat. Sehingga, akan berdampak pada perkembangannya saat remaja dan dewasa."

Sumber : VIVAnews
Photo : Hadiansyah   Model : Alya dan Danish

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKILAS TENTANG PISTOL SIG SAUER P-226

Sig Sauer P-226 adalah salah satu varian senjata api jenis Pistol buatan Sig Sauer yang diproduksi oleh Swiss dan Jerman. Senjata ini merupakan salah satu senjata api genggam favorit special force di seluruh dunia. 

Mengenal SENAPAN ANGIN...(Air Riffle) ----Ditulis Oleh Johan Sastro

SENAPAN ANGIN (AIR RIFFLE) adalah senapan yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan proyektil dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan angin biasanya digunakan untuk olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung dan tupai, ukuran peluru yang dipakai biasanya juga tidak terlalu besar yaitu ukuran kaliber .177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah, meskipun begitu senapan ini bisa membunuh manusia kalau prosedur pemakaiannya keliru atau disalahgunakan.

Syarat dan Ketentuan Pengurusan Izin Kepemilikan Senjata Api

Banyak dari kita yang belum tahu persyaratan untuk mengurus surat untuk senjata api, sebelum anda berpikir untuk membeli senjata api ada baiknya anda membaca hal berikut ini dulu jadi apakah anda sudah pantas untuk memiliki senjata api. Karena untuk memperoleh senjata api tidak semudah yang anda kira, tapi kalau anda merasa sudah bisa memenuhi persyaratan yang di bawah silahkan mengajukan diri ke POLDA setempat untuk mengurus surat perijinan. Berikut syarat dan ketentuan untuk mengajukan diri :