Langsung ke konten utama

Sekilas Tentang Muammar Khadafi


Muammar Qaddafi  Sosok pemimpin yang keras dan otoriter, sejajar dengan Fidel Castro ( Cuba),   Saddam Hussein (Irak), dan Hugo Chavez (Veneuzela) ini terkenal ditakuti negara-negara Barat. Lelaki baduy ini kembali menyita perhatian dunia sejak bergejolaknya revolusi di negara-negara Timur tengah yang pertama kali diawali dengan runtuhnya pemerintahan Hoesni Mubbarak di Mesir. Siapakah sebenarnya sosok Pemimpin Negara Libya ini, mari kita simak sekilas Biography -nya berikut :
Muammar Abu Minyar al-Qaddafi (lahir di Surt, Tripolitania, 7 Juni 1942; umur 68 tahun)   atau Gaddafi (bahasa Arab: معمر القذافي Mu`ammar al-Qadhdhāfī) , adalah pemimpin Libya sejak 1969. Jabatan yang disandangnya bukan merupakan jabatan resmi, tetapi ia menyandang "Guide of the First of September Great Revolution of the Socialist People's Libyan Arab Jamahiriya" atau "Brotherly Leader and Guide of the Revolution".

Khadafi adalah anak termuda dari sebuah keluarga miskin Badawi (Bedouin) yang nomadik di daerah gurun pasir di Sirte. Dia diberikan pendidikan SD tradisional yang religius dan bersekolah di SMU Sebha di Fezzan dari 1956 hingga 1961. Khadafi dan sekelompok kecil teman-temannya yang dia temui di sekolah ini kemudian membentuk kepemimpinan utama dari sebuah kelompok revolusiner militan yang kelak merebut kekuasaan negara Libya. Inspirasi bagi Khadafi adalah Gamal Abdul Nasser, seorang negarawan yang populer di Mesir, yang naik ke takhta kepresidenan dengan meminta persatuan Arab dan menghujat Barat. Pada 1961, Khadafi dikeluarkan dari Sebha karena aktivitas politiknya.

Dia kemudian kuliah di Universitas Libya, di mana dia lulus dengan nilai yang sangat baik. Dia lalu bergabung dengan Akademi Militer di Benghazi pada 1963, di mana dia dan beberapa rekan militannya membentuk sebuah kelompok rahasia yang bertujuan menjatuhkan monarki Libya yang pro-Barat. Setelah lulus pada 1965, dia dikirim ke Britania untuk latihan lanjutan, dan kembali pada 1966 sebagai seorang opsir dalam Korps Sinyal.

Khadafi mempunyai delapan anak, tujuh di antaranya lelaki. Putranya yang paling tua, Muhammad Khadafi adalah ketua Komite Olimpiade Libya. Putra tertua kedua Al-Saadi Khadafi, adalah ketua Federasi Sepak Bola Libya, bermain di tim Seri A, Perugia, dan juga bermain film. Satu-satunya putrinya, Ayesha Khadafi, adalah seorang pengacara yang telah bergabung dengan tim pengacara Saddam Hussein. Khadafi juga mempunyai saham sebesar 7,5% di klub sepak bola Italia, Juventus.

Tahun 1951, Amerika Serikat mendukung kemerdekaan Libya dan disusul peningkatan hubungan sampai tingkat kedutaan. Hubungan Libya-Amerika Serikat terhenti ketika Kapten Muammar Khadafi memimpin Revolusi Al Fatah untuk menyingkirkan Raja Idris pada 1969. Setelah berkuasa, Khadafi yang telah berpangkat kolonel melancarkan revolusi budaya yang mengandung inti penyingkiran semua ideologi dan pengaruh yang berbau asing, seperti kapitalisme dan komunisme. Ia kemudian mengembangkan masyarakat baru berdasarkan prinsip-prinsip sosialisme Libya dengan semboyan "sosialisme, persatuan, dan kebebasan". Semenjak ini hubungan kedua negara semakin memburuk dan mencapai titik terendah. Massa yang anti-AS menggelar demonstrasi pro-Iran pada Desember 1979. Massa membakar gedung Kedutaan Besar AS di Tripoli menjadi akhir dari demonstrasi tersebut.

Masih pada tahun 1979, pesawat-pesawat tempur AS menembak jatuh dua pesawat tempur Libya di atas Teluk Sidra. Insiden itu memperburuk hubungan kedua negara. Setelah menyatakan bahwa Libya sebagai "negara sponsor terorisme", AS menutup kedutannya di Tripoli pada Februari 1980. Sementara, Libya juga menutup kedutaannya di Washington. Pada Januari 1986, Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan memerintahkan penghentian hubungan dagang dan ekonomi dengan Libya. Langkah ini disusul dengan pembekuan aset-aset Libya di AS. Bukan hanya menutup diplomatik, keuangan dan perdagangan, tapi juga berusaha menyingkirkan Khadafi. Pesawat-pesawat tempur AS memborbardir Tripoli, Benghazi, dan rumah Khadafi pada April 1986.

Tindakan itu sebagai balasan atas pemboman sebuah diskotek di Berlin Barat yang dipakai sebagai tempat hiburan tentara AS. Gempuran pesawat tempur AS menewaskan setidaknya 15 orang, termasuk putri Khadafi yang masih kanak-kanak. Posisinya dengan Libya makin tersudut menyusul terjadinya ledakan pesawat Pan AM dengan nomor penerbangan 103 pada Desember 1988. Pesawat yang berangkat dari London menuju New York meledak di atas Lockerbie (Skotlandia) dan menewaskan 259 orang di pesawat serta 11 orang lainnya tewas di darat. Akibat tindakan itu, Dewan Keamanan PBB menerbitkan resolusi 748 dan 883 pada tahun 1992/1993. Ini resolusi itu adalah menjatuhkan sanksi atas Libya, membekukan aset-aset, dan mengembargo perlengkapan penambangan minyak secara selektif.

Tahun 1999, Libya menyatakan bertanggung jawab atas tragedi Lockerbie. Tripoli menyerahkan dua terdakwa peledakan pesawat untuk diadili di Belanda dan bersedia membayar ganti rugi kepada keluarga korban senilai 2,7 miliar dollar AS pada tahun 2003. Atas langkah ini, Dewan Keamanan PBB mencabut sanksi dan didukung AS. Sikap Washington berubah ketika Khadafi mengakui bahwa Libya mengembangkan senjata pemusnah massal dan segera memusnahkan semua program pada Desember 2003. Pengakuan dan tekad tersebut mencairkan kebekuan hubungan Tripoli-Washington.

Sejak kedua negara meningkatkan kontrak dan berusaha menyingkirkan hambatan hubungan diplomatik, perusahaan-perusahaan minyak masuk kembali ke Libya. Keputusan Washington pada 15 Mei 2006 untuk memulihkan kembali hubungan diplomatik memang mengejutkan karena Libya dinilai membantu terorisme. Tetapi, ada faktor politik dan positif di balik mencairnya hubungan Khadafi dan Presiden George W Bush.

Berikut Daftar Nama Anggota Keluarga Khadafi (dikutip dari tulisan :Erwin Ardian, Tribunnews.com) :

ISTRI
1. Fatiha (Istri Pertama)
Seorang guru sekolah. Pasangan ini belum pernah bertemu sebelum menikah. Mereka punya satu anak, Muhammad, tapi bercerai setelah enam bulan.
2. Safia al-Khadafi (Istri Kedua)
Ibu dari tujuh anak kandung Khadafi. Pasangan itu juga mengadopsi seorang putra dan putri, Milad dan Hanna. Hanna tewas dalam pemboman Amerika di Tripoli pada tahun 1986 pada usia empat tahun.

ANAK-ANAK
Khadafi-Fatiha (Istri Pertama)
1. Muhammad al-Khadafi
Menjadi kepala komite Olimpiade Libya, yang memiliki kantor pusat di Tripoli. Dia juga menjabat sebagai kepala Post Telecom, perusahaan yang memiliki dan mengoperasikan ponsel dan komunikasi satelit.

Khadafi-Safia Farkash (Istri Kedua)

1. Saif al-Islam al-Khadafi (38)
Ahli Bahasa Inggris bergelar PhD dari London School of Economics, memiliki sebuah lembaga yang bertujuan untuk membuka ekonomi Libya. Menjalankan Khadafi International Charity dan Yayasan Pengembangan, yang telah terlibat dalam negosiasi kebebasan untuk disandera oleh militan Islam, khususnya di Filipina. Pada 2006 ia meninggalkan Libya setelah mengkritik rezim ayahnya, tetapi kemudian kembali ke negara itu. Ia dianggap sebagai wajah modern Libya, namun pada tahun 2008 menyatakan tidak tertarik pada kekuasaan "mewarisi" dari ayahnya. Muncul di TV Libya pada puncak protes untuk memperingatkan perang sipil.

2. Saadi Khadafi (36)
Menikah dengan putri seorang komandan militer. Mantan pesepakbola yang memiliki karir sangat singkat di Serie A Italia. Sekarang menjalankan Federasi Sepakbola Libya setelah menjadi kapten tim nasional. Sejak pensiun dari sepak bola, ia terlibat dalam industri film.

3. Mutassim Khadafi
Seorang letnan kolonel di tentara Libya, ia melarikan diri ke Mesir setelah diduga mendalangi upaya kudeta terhadap ayahnya, namun kemudian diampuni dan diizinkan untuk kembali. Sekarang menjadi Penasihat Keamanan Nasional untuk ayahnya dan kepala unit pasukan elit.

4. Hannibal Khadafi
Pernah bekerja untuk perusahaan Transportasi Maritim Nasional, sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri ekspor minyak. Pada tahun 2005 ia dituduh memukuli pacarnya yang sedang hamil di Paris dan di tahun 2008 ditangkap di sebuah hotel Jenewa setelah dua orang pembantunya mengaku disiksa. Meskipun kemudian dibebaskan dengan jaminan, peristiwa itu mendorong pemerintah Libya memboikot barang-barang Swiss, mengusir perusahaan Swiss dan diplomat dari ibukota Bern. Hannibal menggambarkan Swiss sebagai "mafia dunia".

5. Saif al-Arab Khadafi
Sangat sedikit yang diketahui tentang Saif al-Arab, salah seorang putra Khaddafi termuda. Pada tahun 2008 Ferrarinya disita oleh polisi Jerman karena suara knalpotnya bising, menurut laporan di koran Inggris Daily Telegraph.

6. Khamis Gadaffi
Seorang perwira polisi dan mengoperasikan sendiri pasukan unit khususnya setelah menerima pelatihan militer di Rusia. Dia dituduh ikut menyerang pendemo menentang ayahnya di Benghazi.

7. Ayesha al-Khadafi (34)
Seorang pengacara yang bergabung dengan tim pembela mantan pemimpin Irak Saddam Hussein. Dia menikah dengan seorang sepupu ayahnya pada tahun 2006.

ANAK ANGKAT
1. Milad Abuztaia Al-Khadafi
Anak angkat seklaigus keponakan. Milad dianggap berjasa karena menyelamatkan nyawa Khadafi selama pemboman AS 1986.

Sumber :  
wikipedia
http://www.tribunnews.com/2011/02/27/menelisik-anggota-keluarga-besar-moammar-khadafi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKILAS TENTANG PISTOL SIG SAUER P-226

Sig Sauer P-226 adalah salah satu varian senjata api jenis Pistol buatan Sig Sauer yang diproduksi oleh Swiss dan Jerman. Senjata ini merupakan salah satu senjata api genggam favorit special force di seluruh dunia. 

Mengenal SENAPAN ANGIN...(Air Riffle) ----Ditulis Oleh Johan Sastro

SENAPAN ANGIN (AIR RIFFLE) adalah senapan yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan proyektil dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan angin biasanya digunakan untuk olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung dan tupai, ukuran peluru yang dipakai biasanya juga tidak terlalu besar yaitu ukuran kaliber .177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah, meskipun begitu senapan ini bisa membunuh manusia kalau prosedur pemakaiannya keliru atau disalahgunakan.

Syarat dan Ketentuan Pengurusan Izin Kepemilikan Senjata Api

Banyak dari kita yang belum tahu persyaratan untuk mengurus surat untuk senjata api, sebelum anda berpikir untuk membeli senjata api ada baiknya anda membaca hal berikut ini dulu jadi apakah anda sudah pantas untuk memiliki senjata api. Karena untuk memperoleh senjata api tidak semudah yang anda kira, tapi kalau anda merasa sudah bisa memenuhi persyaratan yang di bawah silahkan mengajukan diri ke POLDA setempat untuk mengurus surat perijinan. Berikut syarat dan ketentuan untuk mengajukan diri :