Langsung ke konten utama

WASPADA... LAPOR SEGERA PAKET-PAKET YANG MENCURIGAKAN


Dalam 3 hari belakangan ini, seluruh aparat keamanan disibukkan dengan ancaman penyebaran paket-paket  berisikan BOM yang bisa meledak setiap saat untuk mencederai ataupun membunuh, sementara ancaman ini bukan suatu isapan jempol belaka, beberapa pesohor bahkan kantor-kantor terkemuka telah mendapatkan ancaman lewat paket-paket kiriman, hal ini terbukti dengan ditemukan sejumlah Paket mengandung Bom berkekuatan kecil (low eksplosive bomb) yang harus dijinakan oleh oleh tim Jihandak / GEGANA.

Terroryang diberitakan rutin di semua media baik eletronik dan cetak ini,  benar-benar telah menyita perhatian masyarakat, menganggu ketentraman serta perasaan aman, bahkan  hal ini melahirkan trauma dan rasa ketakutan akan bahayanya sebuah paket yang tak dikenal.
nah, untuk lebih waspada terhadap hal-hal yang tak diinginkan dan menghindari jatuhnyu korban, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa tips sederhana berikut ini :

Perkantoran/Komplek Pertokoan/Komplek Perumahan :
  1. Pastikan setiap paket yang diterima adalah aman. Bila di perkantoran atau pertokoan, mintakan kepada SATPAM atau petugas keamanan untuk melakukan pemeriksaan dengan metal detector secara detail setiap paket yang diterima.
  2. Pastikan bahwa bagian penerimaan barang memperhatikan ciri-ciri kurir pengirimnya, dan mintakan identitas pengenal serta pengenal dari perusahaannya untuk dicatat dan di photocopy (bahkan bila mungkin silahkan photo kurirnya).
  3. Pastikan paket tersebut memiliki resi  atau faktur pengiriman asli(dokumen ekspedisi) serta di paket tersebut jelas mencantumkan nama pengirim, alamat pengirim serta nama yg dituju serta alamat yang dituju.
  4. Setiap paket yang diterima buat catatan ekspedisi yang ditandatangani oleh kurir yang mengirimkan. Kemudian tempelkan pengkodean sesuai data yg diperoleh.
  5. Tolak pengiriman yang orang ataupun alamatnya tidak tepat, begitupula untuk orang yang dituju sudah tidak bekerja ditempat anda lagi.
  6. Segera laporkan kepihak keamanan terhadap paket-paket yang mencurigakan dan paket-paket yang sengaja diletakkan didalam ataupun sekitar halaman perkantoran/pertokoan/komplek perumahan anda, dan hindari tindakan  membukanya sendiri. Segera tinggalkan lokasi paket (menjauh) dengan tenang dan tertib bersama rekan-rekan lain menuju ketempat aman serta hindari kepanikan (keluar dari areal atau bangunan). Setelah pihak keamanan datang, bantu Pihak keamanan dengan segala informasi yang akurat, dan memberikan ruang gerak semaksimal mungkin bagi pihak keamanan melakukan pekerjaannya.
Di rumah :
  1. Pastikan tujuan paket adalah benar untuk anda dan keluarga, yang mana pada paket tersebut dicantumkan nama dan alamat yang tepat serta memiliki resi pengiriman yang jelas.
  2. Pastikan pada paket tertera nama dan alamat pengiriman sesuai dengan resi pengiriman.
  3. Pastikan anda memperhatikan ciri-ciri kurir dan mintakan identitasnya untuk anda catat.
  4. Tolak setiap paket yang tidak untuk anda atau keluarga ataupun salah alamat. jangan sekali-kali menerima dan bersedia ditipkan paket yang ditujukan bukan untuk anda dan keluarga.
  5. Setiap anda memesan barang lewat internet ataupun jasa lainnya dan dikirimkan lewat paket, tanyakan kepada penjualnya akan dikirimkan lewat jasa pengiriman apa. Selanjutnya, pastikan bahwa setiap keluarga mengetahui bahwa anda ada memesan barang tersebut lewat internet atau jasa lainnya, serta sampaikan barang tersebut akan dikirimkan lewat jasa pengiriman apa.
  6. Segera laporkan kepihak keamanan terhadap paket-paket yang mencurigakan, serta paket-paket yang sengaja diletakkan di halaman atau sekitar rumah anda, dan hindari tindakan  membukanya sendiri. Segera tinggalkan lokasi paket (menjauh) dengan tenang dan tertib bersama keluarga menuju ketempat aman serta hindari kepanikan (keluar dari area rumah atau bangunan). Setelah pihak keamanan datang, bantu Pihak keamanan dengan segala informasi yang akurat, dan memberikan ruang gerak semaksimal mungkin bagi pihak keamanan melakukan pekerjaannya.
Semoga bermanfaat...."WASPADA DAN SEGERA LAPORKAN HAL-HAL YANG MENCURIGAKAN ANDA" (3 LILIN)

sumber photo : http://pesatnews.com/wp-content/uploads/2009/09/bom1-300x300.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKILAS TENTANG PISTOL SIG SAUER P-226

Sig Sauer P-226 adalah salah satu varian senjata api jenis Pistol buatan Sig Sauer yang diproduksi oleh Swiss dan Jerman. Senjata ini merupakan salah satu senjata api genggam favorit special force di seluruh dunia. 

Perawan Tak Selalu Keluar Darah di Malam Pertama

Banyak orang yang mengartikan jika tanda-tanda masih perawan ialah keluarnya darah di malam pertama saat suami istri berhubungan badan.

M1 GARAND (Senapan Tempur Legendaris Dunia)

Marinir Amrik dan senapan M1 Garand di Medan Pasifik pada Perang Dunia II Senapan ini berjuluk M1 Garand Rifle atau dikenal juga sebagai Caliber .30 M1. Sudah sepantasnya jika senjata ini dimasukkan dalam kategori senapan legendaris. Masa bakti M1 Garand merentang dari PD II, Perang Korea, hingga Perang Vietnam. Saat PD II, Garand dipakai baik di Medan Perang Eropa maupun Pasifik.