Langsung ke konten utama

Benarkah Stroberi Bisa Cegah Kanker Kerongkongan ?

 Stroberi (dok. Corbis)

Kebiasaan mengonsumsi stroberi baik untuk kesehatan. Studi Dr Tong Chen dari Ohio  State University, Columbus, menunjukkan bahwa stroberi beku kering dapat memperlambat perkembangan lesi prakanker di kerongkongan.

“Stroberi bisa menjadi alternatif dan bekerja seperti obat chemopreventif untuk mencegah kanker kerongkongan,” ujar Tong Chen seperti yang dilansir dari ABC News. Hasil studi ini dipersentasikan dalam pertemuan tahunan American Association for Cancer Research.

Kanker kerongkongan atau dalam istilah medis disebut sebagai kanker esophagus, adalah jenis kanker yang paling umum terjadi dari tiga jenis kanker yang menyerang sistem pencernaan. Data statistik The National Cancer Institute menyebutkan, lebih 14 ribu kematian akibat kanker ini pada 2010. Pada tahun yang sama juga muncul 17 ribu kasus baru.

Menurut studi tersebut, mengkonsumsi 60 gram stroberi beku kering setiap hari bisa memperlambat pertumbuhan lesi prakanker esophagus. Chen mengatakan bahwa stroberi beku kering mengandung manfaat positif flavonol.

Namun, sejumlah peneliti menanggapi studi ini terlalu awal untuk menunjukkan kaitan kuat antara makan stroberi kering dan pencegahan kanker. Studi ini merupakan studi awal yang tidak melibatkan kelompok kontrol.

Sementara pakar kesehatan lain berpendapat bahwa ada banyak bukti yang mendukung peran buah-buahan dan sayuran terhadap pencegahan pertumbuhan sel kanker. Meskipun ini temuan awal, studi ini setidaknya bisa masuk dalam gelombang baru pencegahan kanker.

“Salah satu kemungkinan adalah flavonol yang terkandung dalam stroberi dapat mengurangi zat inflamasi dan membentuk antibodi seperti interleukin 6,” kata Dr Fritz Francois, asisten profesor di NYU Langone Medical Center New York, menanggapi studi Tong Chen.(Laporan : Suwito Wu)

Sumber : VIVAnews

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKILAS TENTANG PISTOL SIG SAUER P-226

Sig Sauer P-226 adalah salah satu varian senjata api jenis Pistol buatan Sig Sauer yang diproduksi oleh Swiss dan Jerman. Senjata ini merupakan salah satu senjata api genggam favorit special force di seluruh dunia. 

Mengenal SENAPAN ANGIN...(Air Riffle) ----Ditulis Oleh Johan Sastro

SENAPAN ANGIN (AIR RIFFLE) adalah senapan yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan proyektil dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan angin biasanya digunakan untuk olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung dan tupai, ukuran peluru yang dipakai biasanya juga tidak terlalu besar yaitu ukuran kaliber .177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah, meskipun begitu senapan ini bisa membunuh manusia kalau prosedur pemakaiannya keliru atau disalahgunakan.

Syarat dan Ketentuan Pengurusan Izin Kepemilikan Senjata Api

Banyak dari kita yang belum tahu persyaratan untuk mengurus surat untuk senjata api, sebelum anda berpikir untuk membeli senjata api ada baiknya anda membaca hal berikut ini dulu jadi apakah anda sudah pantas untuk memiliki senjata api. Karena untuk memperoleh senjata api tidak semudah yang anda kira, tapi kalau anda merasa sudah bisa memenuhi persyaratan yang di bawah silahkan mengajukan diri ke POLDA setempat untuk mengurus surat perijinan. Berikut syarat dan ketentuan untuk mengajukan diri :