Langsung ke konten utama

Bisakah Ledakan Nuklir Pengaruhi Rotasi Bumi? Oleh: Billy A. Banggawan


Bom nuklir merupakan senjata terkuat manusia. Namun dampak kehancurannya tak akan bisa mengubah rotasi Bumi dari porosnya. Seperti apa?
Cara mengetahuinya yakni dengan membandingkan energi ledakan nuklir dengan gerak putaran Bumi. Bom nuklir terbesar memiliki energi ledak beberapa puluh megaton atau sekitar 10^17 Joule, sedangkan energi rotasi Bumi sekitar 10^29 Joule.

Jadi, bahkan jika semua kekuatan ledak nuklir digunakan untuk mendorong Bumi pada arah tertentu, energi pada dorongan ini tak kurang dari satu triliun energi rotasi. Ibaratnya, seperti mencoba mengalihkan mobil yang sedang melaju dengan energi seekor nyamuk terbang.

Bahkan, gempa bumi terbesar sekalipun hanya memiliki efek sangat kecil pada rotasi planet kita. Para ilmuwan menghitung, gempa kolosal Sumatra yang memicu tsunami 2004 menyebabkan ‘pelangsingan’ Bumi.
Hal itu menyingkat waktu sepersejuta detik dan mengalihkan Kutub Utara sejauh satu inci. Jumlah energi gerak patahan ('pelangsing-Bumi’) dalam gempa berkekuatan 9,3 Skala Richter (SR) ini diperkirakan lebih dari 10^22 Joule atau sekitar 100 ribu kali lebih besar dari bom nuklir terbesar.

Jadi, efek ledakan nuklir pada rotasi bumi akan berada jauh di bawah yang diukur. Catatan terakhir, bahkan ledakan nuklir hanya memiliki sedikit pengaruh pada orbit bumi saat mengelilingi matahari.

Pasalnya, energi orbital planet 10 ribu kali lebih besar dari energi rotasi. Fakta ini tak mencegah pembuatan film 1961 berjudul “The Day the Earth Caught Fire,” yang menampilkan uji nuklir mampu mengubah orbit Bumi dan mengarah ke matahari. [mor]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKILAS TENTANG PISTOL SIG SAUER P-226

Sig Sauer P-226 adalah salah satu varian senjata api jenis Pistol buatan Sig Sauer yang diproduksi oleh Swiss dan Jerman. Senjata ini merupakan salah satu senjata api genggam favorit special force di seluruh dunia. 

Mengenal SENAPAN ANGIN...(Air Riffle) ----Ditulis Oleh Johan Sastro

SENAPAN ANGIN (AIR RIFFLE) adalah senapan yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan proyektil dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan angin biasanya digunakan untuk olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung dan tupai, ukuran peluru yang dipakai biasanya juga tidak terlalu besar yaitu ukuran kaliber .177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah, meskipun begitu senapan ini bisa membunuh manusia kalau prosedur pemakaiannya keliru atau disalahgunakan.

Syarat dan Ketentuan Pengurusan Izin Kepemilikan Senjata Api

Banyak dari kita yang belum tahu persyaratan untuk mengurus surat untuk senjata api, sebelum anda berpikir untuk membeli senjata api ada baiknya anda membaca hal berikut ini dulu jadi apakah anda sudah pantas untuk memiliki senjata api. Karena untuk memperoleh senjata api tidak semudah yang anda kira, tapi kalau anda merasa sudah bisa memenuhi persyaratan yang di bawah silahkan mengajukan diri ke POLDA setempat untuk mengurus surat perijinan. Berikut syarat dan ketentuan untuk mengajukan diri :