Langsung ke konten utama

Inilah Penyebab Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh

 Wanita batuk (inmagine)
Apakah Anda pernah menderita batuk yang berkepanjangan? Berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan tidak sembuh juga, padahal sudah minum obat. Nah, sekarang waktunya untuk mengetahui penyebabnya sehingga Anda dapat memilih obat yang cocok.

Menurut penelitian yang dikutip Times Of India, batuk yang berlangsung kurang dari 3 minggu, disebut sebagai batuk akut. Sedangkan batuk yang berlangsung di antara 3 dan 8 minggu disebut batuk sub-akut. Sementara jika batuk berlangsung selama lebih dari 8 minggu itu namanya batuk kronis.

Sekarang, mari kita lihat penyebab batuk berkepanjangan yang paling umum terjadi di masyarakat. Ada 8 kondisi yang dapat menyebabkannya, yakni:

Common Cold

Kondisi ini terjadi karena ada virus yang kemudian menyebabkan pilek. Virus itu disebut rhinoviruses. Hal ini terjadi karena untuk menjaga tubuh dari serangan dingin, sistem kekebalan tubuh kita meningkatkan sekresi lendir. Kemudian, membuat hidung Anda beringus. Kelebihan cairan dan lendir ini pada gilirannya dapat menyebabkan batuk.

Merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab batuk yang paling umum. Batuk menunjukkan adanya benda asing di saluran pernapasan. Dalam kasus perokok, benda asing itu adalah bahan kimia berbahaya yang berasal dari rokok.

Oleh karena itu, dokter menyarankan untuk menghentikan kebiasaan merokok karena merokok merupakan penyebab batuk kronis.

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

GERD merupakan penyakit yang berasal dari lambung serta kerongkongan. Kondisi ini biasanya terjadi ketika asam lambung naik hingga ke kerongkongan akibat katup yang lemah. Gejala umum dari GERD ialah batuk yang bersamaan dengan nyeri dada dan sesak napas.

Sinusitis

Sejauh ini, penyebab batuk kronis yang paling sering terjadi ialah sinusitis. Sinusitis ialah kondisi di mana seseorang menderita peradangan atau infeksi pada salah satu atau lebih rongga sinus. Penyebab sinusitis adalah infeksi bakteri, alergi dan penyumbatan hidung.

Batuk rejan atau pertusis

Batuk rejan merupakan batuk yang disebabkan oleh bakteri dan disertai dengan demam, hidung meler, batuk terus menerus yang membuat seseorang sulit bernapas. Ketika menghirup udara ke paru-paru saat batuk dapat menghasilkan suara khas rejan yang bernada tinggi. Pada kondisi awal banyak orang yang tidak mengalami demam, tapi batuk kronis yang menyertai pertusis bisa berlangsung selama berminggu-minggu.

sumber : VIVAnews

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKILAS TENTANG PISTOL SIG SAUER P-226

Sig Sauer P-226 adalah salah satu varian senjata api jenis Pistol buatan Sig Sauer yang diproduksi oleh Swiss dan Jerman. Senjata ini merupakan salah satu senjata api genggam favorit special force di seluruh dunia. 

Mengenal SENAPAN ANGIN...(Air Riffle) ----Ditulis Oleh Johan Sastro

SENAPAN ANGIN (AIR RIFFLE) adalah senapan yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan proyektil dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan angin biasanya digunakan untuk olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung dan tupai, ukuran peluru yang dipakai biasanya juga tidak terlalu besar yaitu ukuran kaliber .177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah, meskipun begitu senapan ini bisa membunuh manusia kalau prosedur pemakaiannya keliru atau disalahgunakan.

Syarat dan Ketentuan Pengurusan Izin Kepemilikan Senjata Api

Banyak dari kita yang belum tahu persyaratan untuk mengurus surat untuk senjata api, sebelum anda berpikir untuk membeli senjata api ada baiknya anda membaca hal berikut ini dulu jadi apakah anda sudah pantas untuk memiliki senjata api. Karena untuk memperoleh senjata api tidak semudah yang anda kira, tapi kalau anda merasa sudah bisa memenuhi persyaratan yang di bawah silahkan mengajukan diri ke POLDA setempat untuk mengurus surat perijinan. Berikut syarat dan ketentuan untuk mengajukan diri :