Langsung ke konten utama

Kunyit Bisa Dipakai Deteksi Bom


Tim ilmuwan dari University of Massachusetts, Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa kunyit, yang menjadi bahan utama bumbu kari bisa dimanfaatkan sebagai pendeteksi bahan peledak.

Bagaimana kunyit bisa melakukannya? Ternyata, kunyit diketahui memiliki sifat yang mampu mengumpulkan molekul bahan peledak di udara, dan mengubahnya dalam komponen 'pemancar cahaya' yang dapat diukur.

Dilansir Pop Science dan dikutip detikINET, Senin(28/3/2011), metode yang dinamakan fluorescence spectroscopy sudah sering digunakan dalam beragam penginderaan dan teknik analisa.

Dalam uji cobanya, tim ilmuwan yang dipimpin Abhisek Kumar mencampur kunyit bubuk dengan polimer kental lalu menyebarnya di sebuah piring beling. Mereka kemudian mengarahkan sinar LED ke piring tersebut dan mengukur gelombang cahaya yang dipancarkan dari piring.

Keberadaan bahan peledak, akan menyebabkan cahaya yang dipancarkan meredup. Selanjutnya, barisan sensor berbahan dasar kunyit itu akan mendeteksi berbagai bahan.

Dijelaskan Kumar, menerangi bahan kimia tertentu menyebabkan bahan tersebut, dalam hal ini kunyit, akan balik memancarkan cahaya dari warna yang berbeda. Efek seperti ini contohnya ditemukan pada bahan yang kerap disebut glow in the dark.

Intensitas pemancaran cahaya ini dapat berubah apabila molekul berbeda terikat pada materi yang mengeluarkan cahaya. Inilah yang dinamakan teknik penginderaan dengan memanfaatkan cahaya.

sumber : detikNet

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKILAS TENTANG PISTOL SIG SAUER P-226

Sig Sauer P-226 adalah salah satu varian senjata api jenis Pistol buatan Sig Sauer yang diproduksi oleh Swiss dan Jerman. Senjata ini merupakan salah satu senjata api genggam favorit special force di seluruh dunia. 

Mengenal SENAPAN ANGIN...(Air Riffle) ----Ditulis Oleh Johan Sastro

SENAPAN ANGIN (AIR RIFFLE) adalah senapan yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan proyektil dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan angin biasanya digunakan untuk olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung dan tupai, ukuran peluru yang dipakai biasanya juga tidak terlalu besar yaitu ukuran kaliber .177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah, meskipun begitu senapan ini bisa membunuh manusia kalau prosedur pemakaiannya keliru atau disalahgunakan.

Syarat dan Ketentuan Pengurusan Izin Kepemilikan Senjata Api

Banyak dari kita yang belum tahu persyaratan untuk mengurus surat untuk senjata api, sebelum anda berpikir untuk membeli senjata api ada baiknya anda membaca hal berikut ini dulu jadi apakah anda sudah pantas untuk memiliki senjata api. Karena untuk memperoleh senjata api tidak semudah yang anda kira, tapi kalau anda merasa sudah bisa memenuhi persyaratan yang di bawah silahkan mengajukan diri ke POLDA setempat untuk mengurus surat perijinan. Berikut syarat dan ketentuan untuk mengajukan diri :