Langsung ke konten utama

Rambut Dikepang Bisa Menyebabkan Rontok Permanen

  (Foto: thinkstock)
Rambut manusia bisa dibuat beraneka macam gaya, salah satunya adalah model rambut kepang-kepang. Tapi ternyata model rambut ini bisa menyebabkan botak permanen jika berlangsung dalam jangka waktu lama.

Para ahli mengungkapkan gaya rambut kepang mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut bisa menyebabkan pola botak permanen. Model rambut ini semakin populer di beberapa negara terutama dari kaum muda masyrakat Afro-Karibia.

Sebuah studi yang dilakukan di Afrika Selatan dan dipublikasikan dalam British Journal of Dermatology melibatkan hampir 2.000 orang dewasa dan anak-anak yang memiliki model rambut tersebut. Diketahui bahwa folikel rambut yang terkena kepangan dalam jangka waktu lama kemungkinan bisa rusak dan tidak akan pernah pulih lagi.

Peneliti menemukan hampir 1 dari 7 anak-anak dan sepertiga perempuan dewasa mengalami traction alopecia, yaitu jenis rambut rontok yang diakibatkan oleh adanya tekanan terus menerus pada rambut tersebut.

"Alopecia traction adalah kondisi umum yang ada pada perempuan serta anak-anak dan secara signifikan berhubungan dengan gaya rambut seperti kepang dan ekstensi," ujar Dr Nonhlanhla Khumalo yang memimpin studi ini, seperti dikutip dari BBCNews, Senin (18/4/2011).

Dr Khumalo menuturkan hal ini bisa menyebabkan rambut rontok dan rambut tidak enak dipandang. Masalah ini ternyata juga ditemukan pada gaya rambut yang mana bagian rambut di tarik ke belakang dan diikat.

Beberapa gaya rambut memang terlihat modis, tapi gaya rambut ini ternyata bisa menyebabkan rambut menjadi rontok permanen sehingga sulit ditutupi dan memiliki dampak yang besar pada kepercayaan diri seseorang.

"Yang terbaik adalah mengidentifikasi masalah sejak awal. Jika terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka folikel rambut bisa rusak secara permanen dan rambut tidak bisa tumbuh lagi," ujar Dr Andrew McDonagh dari Royal Hallamshire Hospital di Sheffield.

Selain itu ahli dermatologi dari Clevelend Clinic menuturkan bahwa seiring waktu, tonjolan atau benjolan di kulit kepala akibat tekanan bisa mengembangkan bakteri yang nantinya dapat menimbulkan luka atau scarring.(ver/ir)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKILAS TENTANG PISTOL SIG SAUER P-226

Sig Sauer P-226 adalah salah satu varian senjata api jenis Pistol buatan Sig Sauer yang diproduksi oleh Swiss dan Jerman. Senjata ini merupakan salah satu senjata api genggam favorit special force di seluruh dunia. 

Mengenal SENAPAN ANGIN...(Air Riffle) ----Ditulis Oleh Johan Sastro

SENAPAN ANGIN (AIR RIFFLE) adalah senapan yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan proyektil dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan angin biasanya digunakan untuk olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung dan tupai, ukuran peluru yang dipakai biasanya juga tidak terlalu besar yaitu ukuran kaliber .177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah, meskipun begitu senapan ini bisa membunuh manusia kalau prosedur pemakaiannya keliru atau disalahgunakan.

Syarat dan Ketentuan Pengurusan Izin Kepemilikan Senjata Api

Banyak dari kita yang belum tahu persyaratan untuk mengurus surat untuk senjata api, sebelum anda berpikir untuk membeli senjata api ada baiknya anda membaca hal berikut ini dulu jadi apakah anda sudah pantas untuk memiliki senjata api. Karena untuk memperoleh senjata api tidak semudah yang anda kira, tapi kalau anda merasa sudah bisa memenuhi persyaratan yang di bawah silahkan mengajukan diri ke POLDA setempat untuk mengurus surat perijinan. Berikut syarat dan ketentuan untuk mengajukan diri :