Langsung ke konten utama

Geser Garis Tanggal, Sebuah Hari Hilang


SAMOA merencanakan untuk melompat 24 jam ke masa depan, menghapus satu hari, dan menambah kelokan baru pada garis tanggal internasional di Samudra Pasifik agar bisa sama dengan Australia, Selandia Baru, dan Asia timur.


Keputusan negara pulau itu untuk Back to the Future —judul film trilogi tentang penjelajah waktu— mengubah keputusan 119 tahun lalu untuk tetap tertinggal sehari dan menyesuaikan diri dengan para pedagang AS yang berbasis di California.

Berdasarkan keputusan tahun 1892 itu, fajar hari Minggu di Samoa bersamaan dengan fajar hari Senin di negara tetangganya, Tonga, serta hari Senin subuh di Selandia Baru, Australia, dan mitra dagang mereka di Asia timur, seperti China.

Samoa menemukan kepentingannya kini terletak di kawasan Asia-Pasifik, dan memutuskan berpindah ke sisi barat garis tanggal internasional. Garis imajiner itu memisahkan satu hari kalender dari hari mendatang dan memotong Samudra Pasifik dari utara ke selatan.

”Kami kehilangan dua hari dalam sepekan jika berbisnis dengan Selandia Baru dan Australia,” kata Perdana Menteri Tuilaepea Sailele Malielegaoi menjelaskan alasan perpindahan itu. ”Saat di sini Jumat, di Selandia Baru sudah hari Sabtu. Ketika kami ke gereja di hari Minggu, Sydney dan Brisbane sudah mulai berbisnis.”
Perubahan itu harus dibayar mahal oleh Samoa. Negara Polinesia itu sejak lama memasarkan diri sebagai tempat terakhir di bumi yang melihat matahari terbenam setiap hari.

”Ini sangat membingungkan. Saya tidak melihat maksudnya dan kami tidak tahu manfaatnya,” kata Laufa Lesa (30), pejabat perusahaan multimedia di ibu kota Samoa, Apia. ”Pemerintah mengatakan ini baik untuk perekonomian, tetapi sekarang ini juga baik-baik saja,” kata Lesa. Namun, Perdana Menteri Tuilaepea tak khawatir dan menyiapkan jargon pariwisata baru: Anda bisa dengan mudah merayakan hari yang sama dua kali karena Samoa Amerika yang merupakan wilayah AS di sebelahnya akan tetap ada di sisi timur garis tanggal itu dan tertinggal satu hari dari Samoa.

Tuilaepea telah mengusulkan untuk melompat maju dengan menghapus tanggal 31 Desember tahun ini dari kalender walau belum ditetapkan. (AP/DI)

Sumber : KOMPAS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKILAS TENTANG PISTOL SIG SAUER P-226

Sig Sauer P-226 adalah salah satu varian senjata api jenis Pistol buatan Sig Sauer yang diproduksi oleh Swiss dan Jerman. Senjata ini merupakan salah satu senjata api genggam favorit special force di seluruh dunia. 

Mengenal SENAPAN ANGIN...(Air Riffle) ----Ditulis Oleh Johan Sastro

SENAPAN ANGIN (AIR RIFFLE) adalah senapan yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan proyektil dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan angin biasanya digunakan untuk olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung dan tupai, ukuran peluru yang dipakai biasanya juga tidak terlalu besar yaitu ukuran kaliber .177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah, meskipun begitu senapan ini bisa membunuh manusia kalau prosedur pemakaiannya keliru atau disalahgunakan.

Syarat dan Ketentuan Pengurusan Izin Kepemilikan Senjata Api

Banyak dari kita yang belum tahu persyaratan untuk mengurus surat untuk senjata api, sebelum anda berpikir untuk membeli senjata api ada baiknya anda membaca hal berikut ini dulu jadi apakah anda sudah pantas untuk memiliki senjata api. Karena untuk memperoleh senjata api tidak semudah yang anda kira, tapi kalau anda merasa sudah bisa memenuhi persyaratan yang di bawah silahkan mengajukan diri ke POLDA setempat untuk mengurus surat perijinan. Berikut syarat dan ketentuan untuk mengajukan diri :