Langsung ke konten utama

Kerja Kantoran Efeknya Sama Seperti Banyak Makan


Senam pagi tiap hari Jumat tampaknya perlu digalakkan lagi terutama bagi para pekerja kantoran. Kurangnya aktivitas di kantor memberi dampak yang sama seperti banyak makan, yakni kegemukan dan berbagai komplikasinya termasuk diabetes.

Menurut penelitian terbaru yang dimuat di jurnal PLoS ONE edisi bulan Mei, aktivitas fisik di kantor-kantor saat ini mengalami penurunan tajam. Akibatnya pembakaran kalori di dalam tubuh berkurang 120-140 kalori dalam 50 tahun terakhir.

Obesitas dan kelebihan berat badan (overweight) merupakan dampak langsung yang bisa dirasakan terkait kurangnya aktivitas fisik di kantor. Di Amerika Serikat, orang-orang yang masuk kategori gemuk jumlahnya mencapai 60 persen dari seluruh populasi.

Porsi makan yang lebih besar memang berpengaruh, namun kadang malah tidak menyebabkan gemuk jika diimbangi dengan olahraga. Parahnya selain kurang beraktivitas, para karyawan sering mengonsumsi junk food yang kurang berserat dan banyak mengandung kalori.

"Kegemukan adalah soal perbandingan antara asupan kalori dan pembakarannya. Kalori akan menumpuk jika kita tidak membakarnya," ungkap salah seorang peneliti, Dr Robert Graham dari Lenox Hill Hospital seperti dikutip dari HealthDay, Jumat (27/5/2011).

Penelitian tersebut mengungkap, saat ini hanya 1 dari 4 karyawan kantor yang aktivitas fisiknya bisa dikatakan seimbang. Panduan kesehatan merekomendasikan, seseorang harus berolahraga ringan minimal 150 menit/pekan atau olahraga berat 75 menit/pekan.

Berkurangnya aktivitas fisik dalam 50 tahun terakhir dipicu oleh perubahan minat memilih pekerjaan. Jika dahulu banyak yang suka bekerja di bidang pertanian, pertambangan, konstruksi dan manufaktur, kini peminatnya tinggal 20 persen karena banyak yang beralih ke jenis pekerjaan yang lebih banyak di kantor seperti bisnis dan pendidikan.(up/ir)

Sumber : detikHealth
sumber Photo : http://www.metrotvnews.com/image.php?image=bank_images/actual/37370.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKILAS TENTANG PISTOL SIG SAUER P-226

Sig Sauer P-226 adalah salah satu varian senjata api jenis Pistol buatan Sig Sauer yang diproduksi oleh Swiss dan Jerman. Senjata ini merupakan salah satu senjata api genggam favorit special force di seluruh dunia. 

Mengenal SENAPAN ANGIN...(Air Riffle) ----Ditulis Oleh Johan Sastro

SENAPAN ANGIN (AIR RIFFLE) adalah senapan yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan proyektil dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan angin biasanya digunakan untuk olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung dan tupai, ukuran peluru yang dipakai biasanya juga tidak terlalu besar yaitu ukuran kaliber .177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah, meskipun begitu senapan ini bisa membunuh manusia kalau prosedur pemakaiannya keliru atau disalahgunakan.

Syarat dan Ketentuan Pengurusan Izin Kepemilikan Senjata Api

Banyak dari kita yang belum tahu persyaratan untuk mengurus surat untuk senjata api, sebelum anda berpikir untuk membeli senjata api ada baiknya anda membaca hal berikut ini dulu jadi apakah anda sudah pantas untuk memiliki senjata api. Karena untuk memperoleh senjata api tidak semudah yang anda kira, tapi kalau anda merasa sudah bisa memenuhi persyaratan yang di bawah silahkan mengajukan diri ke POLDA setempat untuk mengurus surat perijinan. Berikut syarat dan ketentuan untuk mengajukan diri :