Langsung ke konten utama

Kerja Kantoran Efeknya Sama Seperti Banyak Makan


Senam pagi tiap hari Jumat tampaknya perlu digalakkan lagi terutama bagi para pekerja kantoran. Kurangnya aktivitas di kantor memberi dampak yang sama seperti banyak makan, yakni kegemukan dan berbagai komplikasinya termasuk diabetes.

Menurut penelitian terbaru yang dimuat di jurnal PLoS ONE edisi bulan Mei, aktivitas fisik di kantor-kantor saat ini mengalami penurunan tajam. Akibatnya pembakaran kalori di dalam tubuh berkurang 120-140 kalori dalam 50 tahun terakhir.

Obesitas dan kelebihan berat badan (overweight) merupakan dampak langsung yang bisa dirasakan terkait kurangnya aktivitas fisik di kantor. Di Amerika Serikat, orang-orang yang masuk kategori gemuk jumlahnya mencapai 60 persen dari seluruh populasi.

Porsi makan yang lebih besar memang berpengaruh, namun kadang malah tidak menyebabkan gemuk jika diimbangi dengan olahraga. Parahnya selain kurang beraktivitas, para karyawan sering mengonsumsi junk food yang kurang berserat dan banyak mengandung kalori.

"Kegemukan adalah soal perbandingan antara asupan kalori dan pembakarannya. Kalori akan menumpuk jika kita tidak membakarnya," ungkap salah seorang peneliti, Dr Robert Graham dari Lenox Hill Hospital seperti dikutip dari HealthDay, Jumat (27/5/2011).

Penelitian tersebut mengungkap, saat ini hanya 1 dari 4 karyawan kantor yang aktivitas fisiknya bisa dikatakan seimbang. Panduan kesehatan merekomendasikan, seseorang harus berolahraga ringan minimal 150 menit/pekan atau olahraga berat 75 menit/pekan.

Berkurangnya aktivitas fisik dalam 50 tahun terakhir dipicu oleh perubahan minat memilih pekerjaan. Jika dahulu banyak yang suka bekerja di bidang pertanian, pertambangan, konstruksi dan manufaktur, kini peminatnya tinggal 20 persen karena banyak yang beralih ke jenis pekerjaan yang lebih banyak di kantor seperti bisnis dan pendidikan.(up/ir)

Sumber : detikHealth
sumber Photo : http://www.metrotvnews.com/image.php?image=bank_images/actual/37370.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKILAS TENTANG PISTOL SIG SAUER P-226

Sig Sauer P-226 adalah salah satu varian senjata api jenis Pistol buatan Sig Sauer yang diproduksi oleh Swiss dan Jerman. Senjata ini merupakan salah satu senjata api genggam favorit special force di seluruh dunia. 

Perawan Tak Selalu Keluar Darah di Malam Pertama

Banyak orang yang mengartikan jika tanda-tanda masih perawan ialah keluarnya darah di malam pertama saat suami istri berhubungan badan.

M1 GARAND (Senapan Tempur Legendaris Dunia)

Marinir Amrik dan senapan M1 Garand di Medan Pasifik pada Perang Dunia II Senapan ini berjuluk M1 Garand Rifle atau dikenal juga sebagai Caliber .30 M1. Sudah sepantasnya jika senjata ini dimasukkan dalam kategori senapan legendaris. Masa bakti M1 Garand merentang dari PD II, Perang Korea, hingga Perang Vietnam. Saat PD II, Garand dipakai baik di Medan Perang Eropa maupun Pasifik.