Langsung ke konten utama

Merokok Dalam Mobil Lebih Berbahaya....

Selain Membuat mobil menjadi bau tak sedap, kotor dan beberapa interior seperti jok mobil, langit-langit dan assesoris lainnya bolong-bolong, ternyata merokok didalam mobil menyisakan simpanan racun dalam jumlah besar dan berbahaya. Racun rokok sangat berbahaya bagi para perokok pasif dan risiko keracunan semakin tinggi bagi mereka yang berkendara bersama perokok.

Menurut The Lung Association, rokok yang mengandung lebih dari 4000 zat kimia berbahaya dan karsinogen akan semakin membahayakan kesehatan ketika asap rokok terjebak di dalam mobil dengan ruang yang terbatas.

Racun yang terkandung dalam rokok bisa masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang maksimal dan dalam waktu yang singkat.

Apalagi, jika asap rokok dihirup oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Anak-anak bernafas lebih cepat dan karenanya menghirup lebih banyak zat beracun ketimbang orang dewasa.

Perokok pasif yang menghirup asap sebatang rokok di dalam mobil selama lima menit sama dengan berada di dalam sebuah bar penuh asap rokok dalam jangka waktu yang sama.

Anda mungkin mengira dengan membiarkan jendela mobil terbuka akan mengatasi masalah, tetapi Anda salah. Asap rokok justru sering menghembus kembali ke dalam mobil dan akan terus bertahan di dalam mobil selama berjam-jam.

Asap rokok akan terperangkap di jok mobil dan racunnya akan tetap terhirup oleh para penumpang mobil bahkan ketika si perokok telah berhenti merokok.

Menurut beberapa penelitian anak-anak yang menjadi perokok pasif lebih beresiko terserang berbagai penyakit.

Sebuah laporan dari Surgeon General, layanan kesehatan publik AS, pada 2006 menyebutkan bahwa anak-anak yang menjadi perokok pasif terkena sudden infant death syndrome (SIDS), infeksi pernapasan akut seperti bronkitis dan pneumonia, gangguan telinga, asma, gejala pernapasan, dan pertumbuhan paru-paru yang lamban.

Selain itu anak yang menjadi perokok pasif cenderung menderita penyakit jantung dan nantinya akan menjadi perokok aktif.

Untuk menghindari situasi terjebak di dalam satu kendaraan bersama seorang perokok ada beberapa tips yang bisa dilakukan;
1. Jangan biarkan seorang pun merokok di dalam mobil Anda
2. Jika Anda merokok, cobalah untuk meninggalkan kantor atau rumah lebih cepat sehingga Anda sempat merokok dulu di luar mobil sebelum berangkat.

3. Jika Anda dalam perjalanan jauh, cobalah menepi sebentar untuk merokok di luar mobil

4. Pastikan anggota keluarga Anda atau pengasuh anak Anda tidak merokok  ketika berkendara bersama anak Anda

5. Kosongkan asbak mobil Anda. Isi dengan permen atau cemilan lainnya

6. Bersihkan mobil Anda lebih sering, khususnya jok mobil dengan penghisap debu.
Sumber :http://www.berita8.com/read/2011/04/05/4/40781/Awas!-Merokok-dalam-Mobil-Lebih-Berbahaya
sumber photo : http://us.images.detik.com/content/2009/08/11/641/rokok-dalam.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKILAS TENTANG PISTOL SIG SAUER P-226

Sig Sauer P-226 adalah salah satu varian senjata api jenis Pistol buatan Sig Sauer yang diproduksi oleh Swiss dan Jerman. Senjata ini merupakan salah satu senjata api genggam favorit special force di seluruh dunia. 

Mengenal SENAPAN ANGIN...(Air Riffle) ----Ditulis Oleh Johan Sastro

SENAPAN ANGIN (AIR RIFFLE) adalah senapan yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan proyektil dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan angin biasanya digunakan untuk olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung dan tupai, ukuran peluru yang dipakai biasanya juga tidak terlalu besar yaitu ukuran kaliber .177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah, meskipun begitu senapan ini bisa membunuh manusia kalau prosedur pemakaiannya keliru atau disalahgunakan.

Syarat dan Ketentuan Pengurusan Izin Kepemilikan Senjata Api

Banyak dari kita yang belum tahu persyaratan untuk mengurus surat untuk senjata api, sebelum anda berpikir untuk membeli senjata api ada baiknya anda membaca hal berikut ini dulu jadi apakah anda sudah pantas untuk memiliki senjata api. Karena untuk memperoleh senjata api tidak semudah yang anda kira, tapi kalau anda merasa sudah bisa memenuhi persyaratan yang di bawah silahkan mengajukan diri ke POLDA setempat untuk mengurus surat perijinan. Berikut syarat dan ketentuan untuk mengajukan diri :