Langsung ke konten utama

'Rango': Sosok Cowboy dalam Animasi


'Rango' merupakan film animasi dengan unsur genre western dan komedi yang kuat. Menempatkan bintang-bintang kelas 'berat' seperti Johnny Depp dan Alfred Molina, sutradara Gore Verbinski (sutradara film superlaris 'Pirates of the Carribbean') mendedahkan cerita kepahlawan ala Hollywood yang klise, namun masih saja menghibur.

Cerita berangkat dari sosok Rango, yang disulihsuarakan oleh Johnny Depp dan memiliki karakter yang tak jauh dari sosok Jack Sparrow. Sosok Rango adalah seekor kadal, pecundang,  drama, selalu ceria dan antusias meski pada dasarnya ia selalu kesepian. Dalam sebuah petualangan untuk mencari dirinya, ia berakhir di kota Dirt (kotoran) dan kebetulan terpilih menjadi kepala polisi (sherrif).

Kota Dirt sendiri terletak di Wild West dengan penduduk yang memiliki beragam karakter dan dipimpin oleh seorang penguasa yang manipulatif dan korup. Kota Dirt mengalami kekurangan air. Setiap minggu, pada hari Rabu, penduduk kota Dirt berdoa untuk mendapatkan air. Namun ternyata persoalan air ini diakibatkan oleh sifat tamak dan jahat sang penguasa.

Seperti dongeng-dongeng Amerika pada umumnya, tentu saja Rango harus berjuang bersama para penduduk kota Dirt untuk menegakkan kebenaran dan keadilan. Dalam perjuangannya ini, ia harus menghadapi berbagai musuh hingga mendapatkan kepercayaan dari perempuan yang disukainya.

Dibandingkan film-film animasi sejenis, 'Rango' terasa lebih istimewa dengan gambar karakternya yang sangat menarik. Warna merupakan kekuatan terbaik dalam film ini karena tiap karakter dan tiap adegan diolah dengan detail warna,  cahaya, serta ruang yang luar biasa. Sifat dari masing-masing tokoh juga terbangun dengan baik. Beberapa gambar di film ini juga selalu mengingatkan kita pada film-film yang pernah kita lihat.

Banyak adegan dalam film ini tentu saja mengambil dari ikonografi film western (cowboy). Lanskap Amerika lengkap dengan langit lembayungnya serta Monument Valley, tempat para cowboy memacu kuda-kudanya telah muncul dalam puluhan film (antara lain yang monumental, film 'The Stagecoach', 1939). Karakter Indian, musisi Meksiko, petani, kepala polisi, tuan tanah/penguasa yang jahat adalah tipikal karakter dalam film western. Begitu pun musik dengan pengaruh Meksiko dan bahkan alur cerita kepahlawanan.

Sebagai sutradara Gore Verbinski sepertinya sengaja mengemas cerita kepahlawanan ini dalam bahasa film yang telah kita kenal. Selain kerap menggunakan referensi film-film lain (macam 'Star Wars', 'Apocalypse Now' atau film-film Sergio Leone), Verbinski juga pintar memadukan unsur-unsur komedi (atau kebodohan) ke dalam 'Rango'.

Rango sendiri merupakan karakter ciptaan Ralph Steadman. Bersama Gore Verbinski dan Industrial Light & Magic, ini merupakan karya animasi pertama mereka. Mungkin ini menjelaskan kelemahan penempatan alur di beberapa bagian. Namun secara keseluruhan, film ini masih merupakan film yang menyenangkan.


ditulis oleh : Veronika Kusumaryati, belajar di Departemen Kajian Film Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta. Ia salah seorang pendiri Klub Kajian Film IKJ. Kini bekerja sebagai kurator film.



sumber : detikHot

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKILAS TENTANG PISTOL SIG SAUER P-226

Sig Sauer P-226 adalah salah satu varian senjata api jenis Pistol buatan Sig Sauer yang diproduksi oleh Swiss dan Jerman. Senjata ini merupakan salah satu senjata api genggam favorit special force di seluruh dunia. 

Mengenal SENAPAN ANGIN...(Air Riffle) ----Ditulis Oleh Johan Sastro

SENAPAN ANGIN (AIR RIFFLE) adalah senapan yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan proyektil dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan angin biasanya digunakan untuk olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung dan tupai, ukuran peluru yang dipakai biasanya juga tidak terlalu besar yaitu ukuran kaliber .177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah, meskipun begitu senapan ini bisa membunuh manusia kalau prosedur pemakaiannya keliru atau disalahgunakan.

Syarat dan Ketentuan Pengurusan Izin Kepemilikan Senjata Api

Banyak dari kita yang belum tahu persyaratan untuk mengurus surat untuk senjata api, sebelum anda berpikir untuk membeli senjata api ada baiknya anda membaca hal berikut ini dulu jadi apakah anda sudah pantas untuk memiliki senjata api. Karena untuk memperoleh senjata api tidak semudah yang anda kira, tapi kalau anda merasa sudah bisa memenuhi persyaratan yang di bawah silahkan mengajukan diri ke POLDA setempat untuk mengurus surat perijinan. Berikut syarat dan ketentuan untuk mengajukan diri :