Langsung ke konten utama

Tanda Larangan Merokok Justru 'Goda' Perokok ?



Semakin banyaknya peringatan tidak merokok ternyata tidak menjamin lingkungan bebas dari asap rokok. Sebuah studi psikologi terbaru justru mengungkapkan jika tanda larangan merokok bisa jadi mendorong seseorang untuk merokok.

Menurut Brian Earp, peneliti dari Oxford University, larangan itu memiliki ‘efek ironi’ terhadap perokok sehingga mengakibatkan mereka semakin ingin mengisap rokok. Tanpa disadari, mereka bereaksi terhadap peringatan tersebut dengan memendam keinginan merokok.

"Anda akan merasakan efek ironi ketika mendapati informasi yang ditampilkan dengan pernyataan negatif. Ketika saya mengatakan 'jangan berpikir tentang gajah pink', saya justru meletakkan pikiran tentang gajah pink dalam pikiran Anda," jelas Earp seperti dikutip, Jumat (6/5/2011).

"Sementara, kebanyakan pesan publik dikemas dalam bentuk negatif. 'Katakan tidak pada narkoba', 'jangan minum alkohol dan mengemudi', 'dilarang merokok'," tambahnya.

"Tanda larangan merokok, khususnya, terpampang dimana-mana. Anda bisa jadi akan melewati 5 atau 6 tanda tersebut di etalase toko maupun pintu. Jika anda sangat gemar merokok, tanda ini justru bisa meningkatkan keinginan anda untuk merokok," lanjut Earp.

Untuk membuktikan teorinya, Earp bersama timnya menguji sejumlah perokok di wilayah New England, AS. Earp menunjukkan beberapa foto, di mana sebagian foto menampilkan gambar larangan merokok, sementara pada foto lainnya gambar itu dihilangkan.

Setelah itu, partisipan diajak mengamati beberapa gambar di layar televisi guna mengetahui reaksi mereka terhadap eksperimen sebelumnya. Dari uji coba itu, peneliti menemukan bahwa partisipan yang melihat gambar larangan merokok lebih tertarik mengamati gambar-gambar yang berhubungan dengan rokok, seperti asbak maupun batang rokok itu sendiri.
(van)

Sumber : Okezone
Sumber Gambar : http://www.swaberita.com/wp-content/uploads/2008/11/swa210.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKILAS TENTANG PISTOL SIG SAUER P-226

Sig Sauer P-226 adalah salah satu varian senjata api jenis Pistol buatan Sig Sauer yang diproduksi oleh Swiss dan Jerman. Senjata ini merupakan salah satu senjata api genggam favorit special force di seluruh dunia. 

Perawan Tak Selalu Keluar Darah di Malam Pertama

Banyak orang yang mengartikan jika tanda-tanda masih perawan ialah keluarnya darah di malam pertama saat suami istri berhubungan badan.

M1 GARAND (Senapan Tempur Legendaris Dunia)

Marinir Amrik dan senapan M1 Garand di Medan Pasifik pada Perang Dunia II Senapan ini berjuluk M1 Garand Rifle atau dikenal juga sebagai Caliber .30 M1. Sudah sepantasnya jika senjata ini dimasukkan dalam kategori senapan legendaris. Masa bakti M1 Garand merentang dari PD II, Perang Korea, hingga Perang Vietnam. Saat PD II, Garand dipakai baik di Medan Perang Eropa maupun Pasifik.