Langsung ke konten utama

Tanda Larangan Merokok Justru 'Goda' Perokok ?



Semakin banyaknya peringatan tidak merokok ternyata tidak menjamin lingkungan bebas dari asap rokok. Sebuah studi psikologi terbaru justru mengungkapkan jika tanda larangan merokok bisa jadi mendorong seseorang untuk merokok.

Menurut Brian Earp, peneliti dari Oxford University, larangan itu memiliki ‘efek ironi’ terhadap perokok sehingga mengakibatkan mereka semakin ingin mengisap rokok. Tanpa disadari, mereka bereaksi terhadap peringatan tersebut dengan memendam keinginan merokok.

"Anda akan merasakan efek ironi ketika mendapati informasi yang ditampilkan dengan pernyataan negatif. Ketika saya mengatakan 'jangan berpikir tentang gajah pink', saya justru meletakkan pikiran tentang gajah pink dalam pikiran Anda," jelas Earp seperti dikutip, Jumat (6/5/2011).

"Sementara, kebanyakan pesan publik dikemas dalam bentuk negatif. 'Katakan tidak pada narkoba', 'jangan minum alkohol dan mengemudi', 'dilarang merokok'," tambahnya.

"Tanda larangan merokok, khususnya, terpampang dimana-mana. Anda bisa jadi akan melewati 5 atau 6 tanda tersebut di etalase toko maupun pintu. Jika anda sangat gemar merokok, tanda ini justru bisa meningkatkan keinginan anda untuk merokok," lanjut Earp.

Untuk membuktikan teorinya, Earp bersama timnya menguji sejumlah perokok di wilayah New England, AS. Earp menunjukkan beberapa foto, di mana sebagian foto menampilkan gambar larangan merokok, sementara pada foto lainnya gambar itu dihilangkan.

Setelah itu, partisipan diajak mengamati beberapa gambar di layar televisi guna mengetahui reaksi mereka terhadap eksperimen sebelumnya. Dari uji coba itu, peneliti menemukan bahwa partisipan yang melihat gambar larangan merokok lebih tertarik mengamati gambar-gambar yang berhubungan dengan rokok, seperti asbak maupun batang rokok itu sendiri.
(van)

Sumber : Okezone
Sumber Gambar : http://www.swaberita.com/wp-content/uploads/2008/11/swa210.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKILAS TENTANG PISTOL SIG SAUER P-226

Sig Sauer P-226 adalah salah satu varian senjata api jenis Pistol buatan Sig Sauer yang diproduksi oleh Swiss dan Jerman. Senjata ini merupakan salah satu senjata api genggam favorit special force di seluruh dunia. 

Mengenal SENAPAN ANGIN...(Air Riffle) ----Ditulis Oleh Johan Sastro

SENAPAN ANGIN (AIR RIFFLE) adalah senapan yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan proyektil dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan angin biasanya digunakan untuk olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung dan tupai, ukuran peluru yang dipakai biasanya juga tidak terlalu besar yaitu ukuran kaliber .177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah, meskipun begitu senapan ini bisa membunuh manusia kalau prosedur pemakaiannya keliru atau disalahgunakan.

Syarat dan Ketentuan Pengurusan Izin Kepemilikan Senjata Api

Banyak dari kita yang belum tahu persyaratan untuk mengurus surat untuk senjata api, sebelum anda berpikir untuk membeli senjata api ada baiknya anda membaca hal berikut ini dulu jadi apakah anda sudah pantas untuk memiliki senjata api. Karena untuk memperoleh senjata api tidak semudah yang anda kira, tapi kalau anda merasa sudah bisa memenuhi persyaratan yang di bawah silahkan mengajukan diri ke POLDA setempat untuk mengurus surat perijinan. Berikut syarat dan ketentuan untuk mengajukan diri :