Langsung ke konten utama

Gadis 9 Tahun Transplantasi 6 Organ Baru...


Menjadi Penerima donor 6 organ sekaligus dalam usia  9 tahun, mungkin cuma Alannah Shevennell, gadis kecil asal Maine, yang telah diperbolehkan pulang semenjak dilakukan perawatan intensif di Rumah sakit anak di Boston. Alannah harus menjalani transplantasi pada 6 organ tubuhnya sehingga kini ia telah memiliki kerongkongan, hati, lambung, limpa, pankreas dan usus kecil baru. Organ lama miliknya, telah diangkat sebelumnya akibat terserang tumor myofibroblastic. 


"Kami harus mengangkat keenam organnya karena tumor telah berkembang dan menghalangi suplai darahnya," ujar Dr Kim Heung Bae, direktur Pusat Transplantasi Pediatric di RS Boston. Proses kemoterapi yang dilakukan tak membuahkan hasil dan operasi tidak cocok karena tumor yang telah meluas.

Akibat tumor, Shevenell tidak bisa makan karena kerongkongannya telah dipenuhi tumor. Dia makan melalui selang yang langsung dipompa ke perutnya. Alannah harus menunggu selama satu tahun untuk menemukan donor yang tepat. "Mencari donor organ dalam kondisi yang baik terutama untuk anak-anak adalah sebuah tantangan," kata Kim.

Pada 27 Oktober, seorang donor ditemukan dan transplantasi segera dilakukan keesokan harinya. Melalui proses pembedahan maraton selama 14 jam, prosedur transplantasi 'paling luas' berhasil dilakukan tim dokter.

"Kami menghabiskan dua-pertiga dari operasi untuk mengangkat tumor dari organ-organnya. Kami juga melakukan sedikit rekonstruksi pada ginjalnya," katanya. Operasi kemudian dilanjutkan dengan memasang organ baru pada tubuh Alannah.

Seminggu setelah transplantasi, Alannah yang sebelumnya diberi makan lewat selang dapat makan dengan sendiri. Kim menyatakan senang dengan keberhasilan ini. "Sudah begitu lama ia kehilangan selera makannya. Di akhir pekan pascaoperasi ia mulai makan lagi. Dan kemarin dia makan kue-kue."

Meskipun diizinkan pulang, Shevenell  harus menjalani pengecekan sepanjang hidupnya. "Ada risiko dia memerlukan transplantasi di masa datang atau ada sel tumor yang tertinggal dan menimbulkan risiko kambuh."

Shevenell juga harus minum obat-obatan anti-penolakan selama hidupnya. "Selain obat-obat itu, anak-anak biasanya cukup baik dan menjalani kehidupan normal," kata Kim. "Dan dia anak yang pemberani. (Anda Nurlaila)
Sumber berita dan photo:
VIVAnews

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKILAS TENTANG PISTOL SIG SAUER P-226

Sig Sauer P-226 adalah salah satu varian senjata api jenis Pistol buatan Sig Sauer yang diproduksi oleh Swiss dan Jerman. Senjata ini merupakan salah satu senjata api genggam favorit special force di seluruh dunia. 

Mengenal SENAPAN ANGIN...(Air Riffle) ----Ditulis Oleh Johan Sastro

SENAPAN ANGIN (AIR RIFFLE) adalah senapan yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan proyektil dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan angin biasanya digunakan untuk olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung dan tupai, ukuran peluru yang dipakai biasanya juga tidak terlalu besar yaitu ukuran kaliber .177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah, meskipun begitu senapan ini bisa membunuh manusia kalau prosedur pemakaiannya keliru atau disalahgunakan.

Syarat dan Ketentuan Pengurusan Izin Kepemilikan Senjata Api

Banyak dari kita yang belum tahu persyaratan untuk mengurus surat untuk senjata api, sebelum anda berpikir untuk membeli senjata api ada baiknya anda membaca hal berikut ini dulu jadi apakah anda sudah pantas untuk memiliki senjata api. Karena untuk memperoleh senjata api tidak semudah yang anda kira, tapi kalau anda merasa sudah bisa memenuhi persyaratan yang di bawah silahkan mengajukan diri ke POLDA setempat untuk mengurus surat perijinan. Berikut syarat dan ketentuan untuk mengajukan diri :