Langsung ke konten utama

TOMMY GUN (Thompson Submachinegun)



Aksi tempur dan kegagahan Aktor Tom Hank sebagai Kapten John H Miller di Film "Saving Private Ryan" mungkin tak lepas dari dukungan senjata Thompson Submachinegun atau lebih dikenal sebagai "Tommy Gun". Senjata khas perwira menengah yang memimpin pasukan dikancah perang dunia II. Bahkan, di era kejayaan Scarface (Al Capone), Tommy Gun menjadi senjata kegemaran yang identik dengan dirinya.



Dirancang oleh Brigadir Jendral John Taliafero Thompson semasaPerang Dunia I yang berfungsi sebagai "Sapu Parit" (atau dalam bahasa Inggris "Trench Broom"). Bekerja sama dengan John Blish, mereka membuat mekanik Thompson dengan nama Blish Locking System yang katanya merupakan mekanik submesin terbaik di antara kelas submesin ketika Perang Duni I dan Perang Dunia II. Thompson menyondong kaliber.45ACP yang kuat. Panjangnya sekitar 81.9 cm dan kekatan yang dihasilkan sekitar 2479 Joule dari ujung laras. Seiring dengan waktu ketika PD2, Thompson pun diringkas pembuatanya. Dari Blish Locking sistem, menjadi mekanik biasa dan kecepatan pelurunya pun dikurangi dari 800 rpm menjadi 700 rpm. Thompson adalah senjata submesin pertama yang dibuat oleh Amerika Serikat pada tahun 1928.

Marinir Amerika yang pertama membelinya dari Auto Ordnace Corporation sebuah perusahaan milik John Thompson. Tak disangka, bahwa senjata itul malah lari ke tangan gangster Amerika. Senjata ini adalah senjata terfavorit bagi Al Capone. Inggris, Perancis dan Cekoslawakia pun ingin membeli dari Amerika, tetapi pesanan mereka tidak dapat terpenuhi karena Amerika sedang sibuk melawan Jepang ketika pengeboman di Pearl Habour. Salah satu penggemar Thompson selain Al Capone adalah Wiston Churchill. Ketika pengambilan alih Prancis dan Cekoslovakia, Jerman menyita Thompson dari kedua negara itu dan memberi kode Maschinenpistole 717. Thompson yang sering terlihat denga magasen drum sangatlah populer ketika era gangster, dan pada tahun 1941-1942 tetapi karena sulit dibuat dan bunyi rintingan peluru di dalam drum ketika berjalan, SAS Inggris menggantinya dengan magasen berbentuk Klip.
Thompson tergolong senjata kelas atas karena kedetailanya dan bahan pembuatanya serta mekaniknya yang tidak simpel membuat harga Thompson tidak dapat bersaing dengan "saudara sebangsanya" yaitu US M3 dam US M3A1 "Grease Gun" biarpun harga Thompson diturunkan menjadi US$12 tetap saja tidak dapat menyaingi varian USM3 yang harganya US$7 per unit. Thompson terdiri dari berbagai varian seperti:
  1. M1928 Thompson (Model pertama karya tangan dingin John Thompson)
  2. M1928-1 Thompson Model tahun 1941-1943 untuk Inggris dan Amerika dan kecepatan daya tembak dikurangi menjadi 750 rpm
  3. M1&M1ai Thompson Model ini menghilangkan John Blish System dan menggantinya dengan mekanik yang lebih simpel,Sirip pendingin dhilangkan, Sistem bidikan Lyman diganti dengan model "segitiga" yang lebih mudah dan simpel serat kecepatanya menjadi 700 rpm. Model ini dipakai Amerika ketika Perang Dunia II tahun 1943-1945, Perang Korea dan Perang Vietnam dalam jumlah terbatas.

Sumber Tulisan :
Photo :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKILAS TENTANG PISTOL SIG SAUER P-226

Sig Sauer P-226 adalah salah satu varian senjata api jenis Pistol buatan Sig Sauer yang diproduksi oleh Swiss dan Jerman. Senjata ini merupakan salah satu senjata api genggam favorit special force di seluruh dunia. 

Mengenal SENAPAN ANGIN...(Air Riffle) ----Ditulis Oleh Johan Sastro

SENAPAN ANGIN (AIR RIFFLE) adalah senapan yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan proyektil dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan angin biasanya digunakan untuk olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung dan tupai, ukuran peluru yang dipakai biasanya juga tidak terlalu besar yaitu ukuran kaliber .177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah, meskipun begitu senapan ini bisa membunuh manusia kalau prosedur pemakaiannya keliru atau disalahgunakan.

Syarat dan Ketentuan Pengurusan Izin Kepemilikan Senjata Api

Banyak dari kita yang belum tahu persyaratan untuk mengurus surat untuk senjata api, sebelum anda berpikir untuk membeli senjata api ada baiknya anda membaca hal berikut ini dulu jadi apakah anda sudah pantas untuk memiliki senjata api. Karena untuk memperoleh senjata api tidak semudah yang anda kira, tapi kalau anda merasa sudah bisa memenuhi persyaratan yang di bawah silahkan mengajukan diri ke POLDA setempat untuk mengurus surat perijinan. Berikut syarat dan ketentuan untuk mengajukan diri :