Langsung ke konten utama

SENAPAN SERBU AR-15...SENJATA PENCABUT NYAWA SIPIL YANG DIMILIKI SIPIL DI AMERIKA



Kembali sebuah berita tentang KEGANASAN senapan Serbu AR-15 menghiasi media-media masa di Amerika dan Dunia. Aaron Alexis, 34 Tahun, pria asal Forth Worth, Texas yang merupakan  seorang mantan Angkatan Laut Amerika dan Subkontraktor Pertahanan untuk raksasa komputer Hewlett- Packard ini berhasil mengelabui keamanan markas Angkatan laut  AS di Washington DC, berhasil memuntahkan butiran amunisi senapan serbu AR -15 dan menewaskan lebih 13 orang termasuk dirinya sendiri pada pagi kelabu di 16 September 2013.

hal ini kembali mengingatkan kita semua, tentang Pemuda Adam lanza, pada 14 Desember 2012, dengan sadisnya membantai 20 orang anak-anak dan 6 orang dewasa hingga tewas, di sekolah dasar Sandy Hook di Newton, Connecticut, Amerika Serikat.

Sebelumnya, penembakan brutal oleh James Elgan Holmes, pada Jum'at 20 juli 2012, saat pemutaran perdana film Batman : The Dark Knight Rises di teather 16 bioskop Century, wilayah Aurora, Denver, Negara bagian Coloroda Amerika Serikat yang menewaskan 14 orang dan melukai puluhan orang lainnya.

Ketiga kejadian tersebut, para PEMBANTAI mengunakan senapan serbu AR-15 yang secara mudah dapat dimiliki dan dibeli dengan bebas oleh sipil di Amerika, sehingga menjadikannya senjata pencabut nyawa sipil yang dimiliki sipil Amerika, lalu seperti apa senjata MAUT tersebut, berikut ulasannya  :


Senapan serbu taktis Colt tipe AR-15, Senapan itu menjadi perlengkapan standar pasukan Amerika dan Satuan Elit Kepolisian SWAT. Senjata ini memiliki banyak versi dan tipe serta dijual bebas buat warga sipil. Tetapi mereka hanya diperkenankan membeli tipe semi-otomatis.
AR-15 terhitung ringan, yakni hanya memiliki berat 2.27 buat versi laras menengah sampai 3.9 kilogram tipe laras panjang. Senapan ini didesain oleh Eugene Stoner dan diproduksi pabrik ArmaLite pada 1958. Boleh dibilang senjata itu adalah saudara kembar M-16. Tetapi lantaran kesulitan keuangan, perusahaan itu akhirnya menjual desain senapan serbu itu kepada pihak lain, yakni Colt, Bushmaster, Rock River Arms, Stag Arms, DPMS, Panther Arms, Olympic Arms, dan masih banyak lagi. Alhasil, senapan itu pun mengalami banyak modifikasi.
AR-15 memiliki ukuran kaliber 0.223 x 5.56. Senapan ini dalam versi otomatis penuh dapat memuntahkan 800 peluru tiap menit dengan kecepatan lontaran proyektil mencapai 975 menit tiap detik. Jarak tembak efektifnya mencapai 400 sampai 600 meter. Senapan ini menjadi favorit lantaran ringan dan mudah diperbaiki serta dimodifikasi.

SENAPAN SERBU Armalite / Colt AR-15
Tipe Senapan serbu

Negara asal Amerika Serikat
Sejarah pemakaian
Masa penggunaan 1958–sekarang
Sejarah produksi
Perancang Eugene Stoner
Tahun 1957
Spesifikasi
Berat 2,27 kg–3,9 kg
Panjang Laras
508 mm standar
406 mm
368 mm
Magazen .223 Remington, 5.56 NATO
Mekanisme Sistem gas langsung, bolt berputar
Rata² tembakan 800 butir/menit (versi otomatis)
Kecepatan peluru 975 m/s
Jarak efektif 550 m
Amunisi Magazen STANAG
Alat bidik Besi
AR-15 (singkatan dari Armalite model 15) adalah senapan semi-otomatis, yang mirip dengan senapan otomatis M16 atau karabin M4, banyak dimiliki, dan dipasarkan untuk sipil. Senapan AR-15 sipil memiliki banyak pilihan modifikasi dan umumnya memiliki pegangan pistol, popor lipat atau teleskopik, laras melingkar, dan tempat bayonet. Senapan AR-15 original buatan ArmaLite/Colt awalnya merupakan senapan purwarupa yang diikutsertakan dalam tender senapan Amerika Serikat, yang akhirnya diadopsi menjadi senapan M16.


sumber :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKILAS TENTANG PISTOL SIG SAUER P-226

Sig Sauer P-226 adalah salah satu varian senjata api jenis Pistol buatan Sig Sauer yang diproduksi oleh Swiss dan Jerman. Senjata ini merupakan salah satu senjata api genggam favorit special force di seluruh dunia. 

Perawan Tak Selalu Keluar Darah di Malam Pertama

Banyak orang yang mengartikan jika tanda-tanda masih perawan ialah keluarnya darah di malam pertama saat suami istri berhubungan badan.

M1 GARAND (Senapan Tempur Legendaris Dunia)

Marinir Amrik dan senapan M1 Garand di Medan Pasifik pada Perang Dunia II Senapan ini berjuluk M1 Garand Rifle atau dikenal juga sebagai Caliber .30 M1. Sudah sepantasnya jika senjata ini dimasukkan dalam kategori senapan legendaris. Masa bakti M1 Garand merentang dari PD II, Perang Korea, hingga Perang Vietnam. Saat PD II, Garand dipakai baik di Medan Perang Eropa maupun Pasifik.