Langsung ke konten utama

Berenang di Air Laut Bisa Cegah Sinus Kambuh?


Sinusitis merupakan suatu penyakit yang mudah kambuh sehingga bisa terjadi berkali-kali. Namun beberapa orang percaya bahwa hal ini bisa dikurangi dengan cara berenang di air laut. Benarkah cara tersebut?
Sinusitis adalah penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada rongga sinus. Penyakit ini sering terjadi pada orang yang alergi terhadap pencetusnya misalnya debu atau udara dingin.

Gejala yang ditimbulkan hampir sama dengan flu biasa yang sering terjadi pada musim hujan seperti pilek, hidung tersumbat, berlendir, demam dan sakit kepala (biasanya saat bangun tidur), ingus berwarna kuning atau kehijauan, nafas bau, batuk berlendir, demam tinggi (di atas 39 derajat Celcius), sakit gigi dan kurang sensitif terhadap rasa dan bau.

Jika penderita sinus ingin berenang sebaiknya pilihlah renang di laut yang tidak mengandung klorin, karena jika berenang di kolam berklorin bisa menyebabkan iritasi mukosa dan rongga hidung, seperti dikutip dari sinuswars, Senin (21/3/2011).

Berenang di air laut dipercaya menjadi salah satu obat alami untuk infeksi sinus, hal ini berhubungan dengan kandungan garam yang ditemukan dalam air laut. Meski pun belum ada bukti yang cukup kuat untuk mendukung hal ini.

Ketika seseorang berenang maka air laut akan masuk ke dalam hidung akan kontak dengan mikroorganisme yang ada, air laut ini akan mengeluarkan cairan di dalam tubuh mikroorganisme melalui proses osmosis yang membuatnya mati dan mengurangi infeksi.

Selain itu ada juga teori yang menuturkan bahwa air laut mengandung garam yang bisa membilas rongga hidung sehingga membersihkan hidung mampet, mengurangi lendir berlebih dan mengurangi gejala yang berhubungan dengan sinusitis.

Saat mengalami reaksi alergi, tubuh tidak dapat mengenali zat yang sebenarnya aman. Zat tersebut dianggap sebagai penyebab alergi yang dapat memicu reaksi kimia berantai dalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti hidung tersumbat.Selain menyebabkan hidung tersumbat, reaksi alergi kebanyakan menyebabkan komplikasi seperti sinus, bersin, pilek, hidung berair dan bahkan demam. Diduga garam laut ini dapat membersihkan dan melembabkan sinus yang diakibatkan oleh alergi.

Beberapa hal lainnya juga diketahui bisa mencegah kekambuhan sinus seperti mengobati alergi dan pilek dengan segera, menghindari polusi, berhenti melakukan kebiasaan merokok, mengurangi perjalanan melalui jalur udara, mengonsumsi banyak air putih, menjaga kebersihan, menghindari suhu ekstrem serta mengurangi stres.

Sumber : detikHealth
sumber gambar : http://matanews.com/wp-content/uploads/obama-berenang-590x392.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKILAS TENTANG PISTOL SIG SAUER P-226

Sig Sauer P-226 adalah salah satu varian senjata api jenis Pistol buatan Sig Sauer yang diproduksi oleh Swiss dan Jerman. Senjata ini merupakan salah satu senjata api genggam favorit special force di seluruh dunia. 

Mengenal SENAPAN ANGIN...(Air Riffle) ----Ditulis Oleh Johan Sastro

SENAPAN ANGIN (AIR RIFFLE) adalah senapan yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan proyektil dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan angin biasanya digunakan untuk olahraga dan berburu binatang kecil seperti burung dan tupai, ukuran peluru yang dipakai biasanya juga tidak terlalu besar yaitu ukuran kaliber .177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah, meskipun begitu senapan ini bisa membunuh manusia kalau prosedur pemakaiannya keliru atau disalahgunakan.

Syarat dan Ketentuan Pengurusan Izin Kepemilikan Senjata Api

Banyak dari kita yang belum tahu persyaratan untuk mengurus surat untuk senjata api, sebelum anda berpikir untuk membeli senjata api ada baiknya anda membaca hal berikut ini dulu jadi apakah anda sudah pantas untuk memiliki senjata api. Karena untuk memperoleh senjata api tidak semudah yang anda kira, tapi kalau anda merasa sudah bisa memenuhi persyaratan yang di bawah silahkan mengajukan diri ke POLDA setempat untuk mengurus surat perijinan. Berikut syarat dan ketentuan untuk mengajukan diri :